Pengakuan Pencipta Lagu Rungkad yang Gak Dapat Royalti

Pengakuan Pencipta Lagu Rungkad yang Gak Dapat Royalti

Vicky Prasetyo pencipta lagu Rungkad dikabarkan tidak pernah dapat royalti lagu. Seperti diketahui banyak penyanyi yang melakukan pertunjukan on air atau off air menyanyikan lagu Rungkad yang viral. Adalah musisi Anji yang pertama kali menceritakan soal kabar tersebut.

Dalam unggahan di Instagram @duniamanji, ia menuliskan jika pencipta lagu Rungkad pernah bercerita langsung kepadanya bahwa sebagai pencipta lagu Vicky tidak mendapatkan hak ekonomi dalam bentuk royalti. “Dia hampir enggak pernah mendapatkan hak ekonomi dari lagu-lagunya yang sering dibawakan musisi,” tulis Anji.

Anji berpesan kepada para penyanyi yang suka menyanyikan lagu Rungkad di atas panggung untuk peduli dan memperhatikan Vicky sebagai pencipta lagu tersebut. “Yok jangan hanya menikmati hasil dari lagunya, tapi juga mengingat hak dari Penciptanya. Atau untuk para Penyelenggara acara, bisa undang Vicky yang juga seorang Penyanyi. Lagunya bagus-bagus. Supaya dia pun merasakan hasil (langsung) dari lagu yang diciptakannya,” tulis Anji.

Pencipta Lagu Rungkad (Tribunnews.com)

Tentu banyak warganet yang terkejut dengan nasib pencipta lagu Rungkad soal tidak dapat royalti. Bahkan lagu Rungkad pernah dinyanyikan Putri Ariani saat tampil di perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2023 lalu. “Trus gimana lagu ini kemaren dinyanyikan di istana, pa jokowi harus izin mas,” tanya warganet.

Vicky pun langsung memberikan tanggapan. Menurutnya Vicky mendapatkan hak yang pantas ketika lagu ciptaannya dinyanyikan di acara sebesar itu. “Dan juga beberapa event seperti KTT AIS di Bali kemarin saya juga dapat royalti,” tulisnya. Vicky mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara.

Vicky juga sangat bangga lagu ciptaannya dinyanyikan di acara HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-78. “Melansir dari akun Instagram Vicky @vicky_prasetyo777, ia mengunggah potongan video penampilan Putri. “Terimakasih indonesia ! Bangga dan sangat terharu. Karya yang saya buat dan saya nyanyikan di bulan agustus tahun lalu mendapatkan kado yang spesial di hari ini tepat 1 tahun saya rilis,” tulis Vicky.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"