Kisruh Soal Royalti dengan Ahmad Dhani, Terbongkar Alasan Once Keluar dari Dewa 19

Kisruh Soal Royalti dengan Ahmad Dhani, Terbongkar Alasan Once Keluar dari Dewa 19

Saat ini Once dan Ahmad Dhani disebut sedang bersitegang gara-gara pembahasan royalti. Once dilarang Ahmad Dhani membawakan lagu-lagu Dewa 19. Once sempat tergabung dengan Dewa 19 namun pada tahun 2011 atau 12 tahun yang lalu, pemilik nama lengkap Elfonda Mekel ini angkat kaki dari grup musik yang sudah membesarkan namanya itu.

Dhani sendiri sempat mengutarakan alasan Once keluar dari Dewa 19 dalam kanal YouTube VIDEO LEGEND pada 2020 silam. Suami Mulan Jameela menyebut bahwa ia dan Once berbeda pandangan sehingga keduanya tidak bisa sama-sama di Dewa 19. Once memilih mundur sebagai vokalis Dewa 19.

“Sebagai musisi elektronik, saya beragumentasi bahkan agak keras juga. Once lebih suka drum itu natural sementara saya suka drum di-makeup, disampling lagi, di-replace lagi supaya sound lebih powerfull,” kata ayah dari Dul Jaelani ini. Setelah keluar dari Dewa 19, Once memilih untuk bersolo karier.

Alasan Once Keluar dari Dewa 19 (Kompas Entertainment)

Alasan Once Keluar dari Dewa 19 (Kompas Entertainment)

Meskipun sudah tak lagi bersama Dewa 19, Once masih menjadi bagian dari Dewa 19 sebagai vokalis tamu. Khususnya pada konser-konser Dewa 19 setelah Ahmad Dhani kembali bermusik usai bebas dari penjara. Selain Once tercatat ada tiga penyanyi lain yang kerap berkolaborasi dengan Dewa 19 yakni Ello, Ari Lasso, dan Virzha.

Setiap penyanyi memiliki tarif manggung yang berbeda-beda. Kabarnya Once dan Ari Lasso adalah penyanyi yang paling mahal karena mencapai angka Rp 150 juta. Sementara Ello dan Virzha jauh lebih murah dibandingkan dua senior mereka di Dewa 19 itu.

Tempo hari, dalam sebuah jumpa pers Dhani melarang Once nyanyikan lagu-lagu Dewa 19 yang mayoritas diciptakan oleh Dhani. Larangan itu disebabkan masalah hak cipta lagu-lagu. Kata Dhani, performa grup musik dalam hal ini Dewa 19 bakal terganggu jika ada pihak lain yang suka konser nyanyikan lagu Dewa 19.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"