Seperti yang kita tahu, musim adalah tema yang kerap kali jadi metafora dalam lirik lagu. Ada 5 lagu terbaik dengan berbagai topik yang bisa diperdengarkan kepada musim. Simak selengkapnya!

Bagi beberapa profesi, musim hujan jadi satu berkah. Misalnya, petani akan menganggap setiap perubahan  musim merupakan keberkahan. Awal musim penghujan adalah musim tanam. Tetapi ada pula yang menganggap sebaliknya. Pun bagi para musisi, musim merupakan inspirasi!

Ada 5 lagu yang menyenandungkan musim, khususnya musim hujan. Mungkin jika dihitung di seluruh dunia, ada sekitar ribuan judul lagu yang merespon musim yang satu ini. Memang sih, musim hujan seringkali identik dengan perasaan sendu, emosional, keberkahan, kesedihan dan lain sebagainya. Dua hal yang memang berseberangan, tetapi kedua hal tersebut merupakan langkah kreatif para musisi untuk merespon fenomena alamiah. Musim hujan dihidupkan dalam struktur nada dan kata. Kemudian diperdengarkan dengan suasana yang berbeda-beda. Simak deh 5 senandung musim hujan dari Bob Dylan, Kate Bush hingga The Cure.

"BUCKETS OF RAIN" Bob Dylan

Lagu ini direkam pada bulan September tahun 1974 sedangkan pada tahun 2018 dirilis sekumpulan single yagn disenandungkan oleh Bob Dylan. Salah satu judulnya adalah "Buckets of Rain". Lagu ini hanya menggunakan dua alat musik, yaitu gitar dan bass. Lirik yang relatif sederhana dibuka dengan kunci E mayor. Perlu kamu tahu, lagu ini telah dicover oleh sekitar 20-an lebih musisi. Termasuk salah satunya John Mayer. Nukilan liriknya pun sedikit akan mengganggu perasaan romantis, artinya, romantis sekaligus dramatis.

Bucket of rain

bucket of tears

got all them buckets comin' out of my ears

bucket of moonbeams in my hand

you got all the love

honey baby, I can stand

...

Life in sad

life is a bust

all ya can do is do what you must

you do what you must do and ya do it well

I'll do it for you

honey baby, can't you tell?

"RAINS ON ME" Tom Waits

Suara serak Tom Waits bisa membuat musim hujan semakin sendu. Lagu ini ada dalam album "Orphans: Brawlers, Bawlers & Bastards". Vokal serak yang bernuansa rock dengan tempo yang slow diiringi instrumen yang terkesan eksperimental. Liriknya memang 'musim hujan' banget. 

everywhere I go it rains on me

I went down to Argyle

I went down to Dix

Everywhere I go it rains on me

to get my powders and to get my fix

everywhere I go it rains on me 



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations