Apa Benar Dengerin Musik Bikin Olahraga Jadi Maksimal?

Apa Benar Dengerin Musik Bikin Olahraga Jadi Maksimal?

Apa benar dengerin musik bikin olahraga jadi maksimal? Kata penelitian sih gitu gengs.

Mendengarkan musik saat berolahraga ... emangnya ngaruh ya? Ya jelas ada dong pengaruhnya. Terutama untuk menghilangkan kebosanan gengs.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa musik, terutama upbeat music, justru memberikan dorongan lebih ketika kita berolahraga.

Mendengarkan musik saat berolahraga, ngaruh ya? (mnn.com)

Seperti dikutip dari Kompas.com, sebuah studi yang terbit dalam jurnal Psychology of Sport & Eercise melibatkan 24 laki-laki dan perempuan. Mereka diminta untuk melakukan tiga sprint 20 detik dengan upaya maksimal.

Di antara setiap set tiga sprint, peserta bersepeda selama dua menit dengan intensitas rendah. Total waktu yang mereka habiskan untuk berolahraga adalah 10 menit. Pemanasan dan pendinginan juga termasuk ya.

Kemudian, peserta melakukan latihan ini dengan tiga kondisi berbeda. Kelompok pertama mendengarkan musik "motivasional", lebih dari 120 detak per menit (bpm). Kelompok kedua mendengarkan podcast, dan kelompok ketiga tidak mendengarkan suara apa-apa.

Musik membantu bikin semangat berolahraga (wearableo.com)

Dari penelitian itu, para ahli menemukan bahwa ketika para peserta mendengarkan musik yang bersemangat dan memotivasi, detak jantung dan peak power output lebih tinggi daripada mendengarkan podcast. Apalagi tanpa suara sama sekali.

Para peserta bahkan mengaku lebih menikmati latihan ketika mendengarkan musik dibandingkan mendengarkan podcast atau tanpa suara.

Menurut penulis studi Matthew Stork, kemungkinan ini terjadi karena kombinasi faktor fisiologis dan psikologis.

Musik bikin kita jadi menikmati latihan (frontiersin.org)

Secara fisiologis, ada konsep yang disebut 'entertainment'. Menurut Stork, hal itu merujuk pada kecederungan otak untuk melakukan sinkronisasi dengan musik. Hal ini menjelaskan peningkatan denyut jantung. Selain itu, kita berada pada peak power output jantung yang maksimal.

Saat itu, tubuh beralih ke keadaan aliran. Jadi, zona optimal tempat sepenuhnya fokus pada tugas yang sedang dihadapi.

"Tapi aspek psikologisnya besar. Faktor-faktor musik seperti lirik, tempo, dan ritme bersatu untuk membangkitkan respons emosional," jelas Stork.

Udah, mulai olahraga deh, sambil dengerin musik pastinya (blogostyle.xyz)

Nah, kalo kalian pengin lebih semangat, coba deh dengerin musik sambil berolahraga. Kalian bakal lebih semangat lagi deh tuh olahraganya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"