RM BTS Klarifikasi Tuduhan Hina Islam Lewat Lagu Bad Religion, Tegaskan Gak Berusaha Bela Diri

RM BTS Klarifikasi Tuduhan Hina Islam Lewat Lagu Bad Religion, Tegaskan Gak Berusaha Bela Diri

RM BTS belum lama ini menuai reaksi keras dari umat Muslim setelah membagikan lagu Bad Religion dari Frank Ocean di Instastory-nya, yang mengandung lirik kontroversial. Leader BTS itu pun dituduh memiliki sikap Islamofobia. RM juga didesak untuk meminta maaf.

Saat kontroversi ini semakin meningkat dan meluas di media sosial, penggemar dan berbagai media menyuarakan penjelasan dan memberikan pembelaan untuk rapper bernama Kim Namjoon itu. Sampai akhirnya, RM muncul dan mengatasi masalahnya sendiri.

Pada Rabu, 30 Agustus 2023, RM BTS mengejutkan para penggemar setelah melakukan siaran langsung di platfrom Weverse. Tampil dengan gaya santai, tak disangka RM menyinggung soal kontroversi yang menyeretnya di pertengahan Agustus itu.

Idol kelahiran 12 September 1994 ini menyebutkan jika dirinya sudah mengetahui terkait kontroversi tersebut. RM BTS memastikan kalau dia sama sekali tidak bermaksud untuk menghina agama karena dirinya selalu menghormati setiap agama yang ada.

Siaran Langsung RM BTS Di Weverse (Twitter)

"Oke guys, aku tahu apa yang kalian bicarakan. Kalian terus bilang padaku kalau aku menghina agama itu, tapi aku tidak melakukannya. Tidak ada maksud apa pun atau tujuan untuk menghina suatu agama. Aku menghormati setiap kepercayaan dan setiap agama. Itulah yang bisa aku katakan," tegas RM.

"Jadi tolong jangan seperti... kalian tahu... Aku tahu apa yang terjadi di Instagram. Aku bisa melihatnya. Tapi tidak pernah ada tujuan atau bahkan 1% pun dalam hatiku untuk menghina suatu agama, oke? Guys, itu sebuah lagu. Oke?" sambung pelantun Wild Flower itu.

RM juga menegaskan kalau dia sedang tidak berusaha untuk membela dirinya. RM BTS hanya ingin mengungkap perasaannya. "Aku tidak minta maaf, aku hanya mengungkapkannya. Aku punya jiwaku sendiri. Aku berumur 30 tahun, aku bisa mengekspresikan perasaanku yang sebenarnya," lanjut RM.

Lebih lanjut, RM BTS juga meminta para penggemar untuk mempercayainya. Meski begitu, RM memahami betul kalau dia tidak bisa membuat semua orang mempercayainya. Namun, Kim Namjoon menegaskan kalau dia hanya untuk berbicara jujur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"