Pameran Interaktif NCT Home Dituduh Plagiat, Agensi Bongkar Fakta Ini Hingga Putuskan Ganti Konten

Pameran Interaktif NCT Home Dituduh Plagiat, Agensi Bongkar Fakta Ini Hingga Putuskan Ganti Konten

SM Entertainment resmi meluncurkan pameran untuk para penggemar NCT bertajuk NCT Home pada awal bulan ini. Rencananya, pameran itu akan digelar selama 41 hari, mulai dari 8 Februari sampai 26 Maret. Banyak NCTzen (sebutan fans NCT) yang antusias menyambut pameran ini.

Pasalnya, pameran interaktif dan eksklusif tersebut mengusung konsep di mana para penggemar diundang secara langsung oleh 21 member NCT ke rumah mereka (HOME). Fans juga disuguhkan wawancara dan foto eksklusif para member yang diambil untuk pameran tersebut.

Namun setelah pameran resmi diluncurkan, fans justru merasa kurang puas. Mereka menilai poster interaktif dalam pameran itu begitu mengganggu dan menyeramkan. Memang, poster itu dibuat dengan memungkinkan para penggemar untuk mengontrol ekspresi wajah para member NCT.

Poster Interaktif Member Dalam Pameran NCT Home (Koreaboo)

Fans juga bisa mengatur gerakan idolnya dengan menyentuh area tertentu di wajah mereka. Beberapa fans menilai fitur ini hanya menjadikan artis sebagai objek. Meski begitu, sebagian fans merasa teknologi unik Gesture Interactive Video (GIV) yang dipakai dalam poster interaktif itu begitu memukau.

Akan tetapi, belakangan muncul tuduhan kalau teknologi GIV yang dipakai di pameran NCT Home plagiat dari perusahaan start-up Amerika, Momenti. Menurut laporan JTBC, lisensi paten dan pejual tunggal teknologi GIV khusus di Korea dipegang oleh Backslash, yang berafiliasi dengan Momenti.

Muncul laporan yang menyatakan bahwa perusahaan yang mengatur pameran NCT Home yakni LiveConnect tidak mencapai kesepakatan dengan Backslash. Pada Mei lalu, kedua perusahaan sebenarnya sudah berdiskusi tentang teknologi interaktif mulitidimensi untuk pameran NCT.

Namun setelah pertemuan lanjutan, Backslash mengklaim perusahaan tidak pernah menghubungi mereka kembali dan kolaborasi pun berakhir. Sampai akhirnya 8 bulan kemudian, Backslash dibuat terkejut saat mengetahui bahwa teknologi tersebut digunakan dalam pameran NCT.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"