Heboh Perseteruan SM Entertainment VS EXO-CBX, Fans Ikut Khawatirkan Gaji Member NCT

Heboh Perseteruan SM Entertainment VS EXO-CBX, Fans Ikut Khawatirkan Gaji Member NCT

Baekhyun, Chen dan Xiumin EXO yang tergabung dalam unit EXO-CBX tengah berseteru dengan agensinya, SM Entertainment. Mereka mengajukan tuntutan untuk mengakhiri kontrak eksklusifnya yang disebut sebagai 'kontrak budak'.

Melalui pengacaranya, EXO-CBX menyebut SM tidak transparan dalam penghasilan serta pembagian keuntungan antara artis dan agensi. EXO-CBX dikatakan sudah 7 kali meminta transparasi pendapatan pada SM tapi tak juga ada kejelasan. 

Selain soal pendapatan, Baekhyun, Chen dan Xiumin EXO juga mempermasalahkan soal periode kontrak yang terlalu lama. Diketahui, member EXO sudah memperpanjang kontrak dengan agensi di tahun 2022, setelah 10 tahun debut mereka.

EXO CBX Tuntut SM Entertainment (Berbagai Sumber)

Tapi terungkap ada klausul tertentu dalam kontrak tersebut yang menyatakan kalau kontrak eksklusif mereka akan diperpanjang secara otomatis jika penjualan album artis tersebut tidak mencapai jumlah angka tertentu. 

Seiring dengan ini, para fans NCT ikut khawatir. Di komunitas online Pann, mereka membicarakan tentang nasib grup karena membernya debut di waktu berbeda antara satu sama lain. Di mana, otomatis perpanjangan kontrak mereka akan berbeda.

"Karena unit yang berbeda, aku yakin semua isi kontrak mereka berbeda sehingga mereka bahkan tidak bisa membandingkan kontrak mereka satu sama lain. Ini adalah pengaturan yang sempurna bagi SM untuk menggelapkan semua uang mereka," begitu postingan netizen.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"