Yuk Kenali Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

Yuk Kenali Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

Bunga telang (Clitoria ternatea)  memiliki penampilan yang sangat menarik dengan warna biru keunguan, kelopak berbentuk corong, serta mahkota berbentuk kupu-kupu. Selain memiliki warna dan bentuk yang cantik, bunga ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Selain menjadi obat herbal, bunga telang juga bisa menjadi pewarna alami makanan dan minuman, kosmetik, skincare, sabun, sampo, insektisida, bahkan pakan ternak. 

Bunga telang ternyata kaya akan senyawa antosianin yang disebut ternatin yang meberikan rona biru menawan. Selain itu, Bungan ini juga mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, dan senyawa lain yang bersifat antioksidan, seperti flavonoid, kaemphferol, p-Coumaric acid, serta delphinidin. Bunga telang juga memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya adalah:

1. Mengurangi peradangan dalam tubuh

Bunga telang mengandung asam oleat sekitar 51-52 persen. Asam oleat merupakan asam lemak yang bisa ditemukan dalam minyak zaitun. Manfaatnya yaitu mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko kanker pada seseorang.

2. Mempercepat proses penyembuhan luka

Bunga telang ternyata juga bisa membantu proses penyembuhan luka. Hal ini karena ekstrak biji bunga telang mengandung flavonoid glikosida. Sedangkan ekstrak tumbuhannya mengandung senyawa fenolik. Diminum maupun dioles, kedua cara ini bisa membantu proses penyembuhan luka.

3. Menjaga kesehatan pencernaan 

Flavonoid dan saponin yang terkandung dalam bunga telang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan meransang produkasi enzim pencernaan, yang mampu meningkatkan mobilitas usus, dan mengurangi peradangan di saluran pencernaan. Hal ini juga membantu mencegah gangguan pencernaan seperti diare.

4. Mengurangi risiko diabetes

Penelitian menemukan bahwa minuman yang mengandung ekstrak bunga telang bisa meningkatkan kadar antioksidan sembari mengurangi kadar gula dan insulin dalam tubuh. Senyawa antosianin inilah yang membantu mengurangi resistensi insulin, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. 

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Flavonoid dan saponin dalam bunga tidak hanya memberikan warna dan rasa yang menarik, tetapi juga bisa memberikan dampak positif pada kesehatan jantung. Mereka dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah, dan akhirnya mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Meningkatkan kesehatan mata



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"