Yuk, Cek Fakta Benarkah Bawang Putih Sembuhkan Covid-19?

Yuk, Cek Fakta Benarkah Bawang Putih Sembuhkan Covid-19?

Beredar sebuah pernyataan di media sosial tentang sebuah video yang mengulas bagaimana caranya mengeluarkan cairan di paru-paru akibat Covid-19.

Dalam video yang beredar tersebut tampak seseorang memasukkan bawang putih ke dalam hidungnya. Orang tersebut bahkan mengklaim jika bawang putih bisa mengeluarkan lendir dan mengembalikan indera penciuman.

Bahkan video tersebut juga memberikan narasi sebagai berikut:

"Paru-paru tak bisa memompa dan memasukkan oksigen karena dipenuhi cairan lendir yang kental. Jadi paru-paru sulit untuk bekerja,"

"Cara yang paling efektif mengeluarkan lendir dari paru-paru sebenarnya mudah. Ambil 2 siung bawang putih, masukkan ke hidung seperti dalam video,"

"Biarkan selama 15-20 menit. Mata terasa perih tak apa-apa, (sekaligus) membersihkan kotoran mata,"

"Setelah 15-20 menit, lepas bawang putih tadi. Nanti lendir yang berada di paru-paru keluar dari hidung,"

"(Hal ini) dapat dilakukan selang 2 jam sekali biar paru-patu terbebas dari lendir yang menggangu pernapasan,"

"Tolong disebarkan agar yang sakit/belum tertular Covid-19 terselamatkan, aamiin."

Cek Fakta Apakah Bawang Putih Sembuhkan Covid-19 (KlikDokter)

Namun, berdasarkan hasil penelusuran yang didapat dari berbagai sumber, video yang menyatakan kelebihan bawang putih itu adalah hoaks atau tidak benar.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam situsnya membantah bawang putih memiliki khasiat pengobatan Covid-19. Tidak ada bukti kuat bahwa mengonsumsi bawang putih mampu melindungi seseorang dari Covid-19.

Selain itu, dilansir dari situs healthline, bawang putih memiliki sifat antibakteri alami, yakni Allicin yang merupakan senyawa organosulfur. Senyawa itu dikenal akan kemampuannya melawan infeksi, termasuk radang tenggorokan.

Allicin keluar ketika bawang putih segar dihancurkan atau dicincang. Bawang putih juga telah lama disebut dapat membantu mencegah atau mengurangi sakit pilek dan flu.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan Allicin dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Allicin juga dapat membantu mengendurkan otot polos di pembuluh darah sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol untuk mendukung kesehatan jantung.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"