Yakin, Ginjalmu Sehat? Yuk, Cek Ciri-Cirinya!

Yakin, Ginjalmu Sehat? Yuk, Cek Ciri-Cirinya!

Ginjal merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh. Kerjanya dikenal 'cukup sibuk' sehingga kalau ada masalah pada ginjal, maka bisa terjadi penumpukan racun di dalam tubuh hingga berisiko terkena penyakit ginjal bahkan kematian. Oleh karenanya, kita perlu menjaga agar ginjal bisa tetap sehat dan awet, Gengs. 

Lalu muncul sebuah pertanyaan, 'apakah ginjalmu saat ini sehat'? Sebab, hal-hal yang kamu lakukan sehari-hari alias gaya hidup tentu akan memberi kontribusi pada ginjalmu. Nah, yuk cek apakah ginjalmu punya ciri berikut ini: 

Ciri Ginjal Sehat

Perhatikan warna urine. Urine yang normal akan berkisar dari kuning pucat sampai kuning tua. Hal tersebut tergantung dari banyaknya air yang kamu minum. Warna urine bening artinya kamu sudah terhidrasi dengan baik. Hubungan antara ginjal sehat dan warna urine yakni dari bening adalah normal.

Jika kamu mendapati warna urine lain, bisa disebabkan obat atau makanan tertentu yang baru saja dikonsumsi. Namun bisa juga pertanda ada gangguan dari ginjal, yaitu warna lebih gelap seperti cokelat, merah, atau ungu.

Cara Merawat Ginjal

Cara Merawat Ginjal, Minum Air Putih (JPNN.com)

Dilansir dari laman UHS UK, berikut beberapa cara sehari-hari demi ginjal yang sehat:

Tetap Terhidrasi

Kamu perlu minum air secukupnya setiap hari untuk membantu ginjal dapat berfungsi dengan baik. Ingat, warna urine bisa memberitahu apakah kamu kurang atau cukup air, hingga ada hubungannya dengan kesehatan ginjal.

Ketika cuaca lagi panas, traveling ke negara bercuaca berbeda, atau musim panas, dan lagi olahraga, kamu perlu minum air lebih banyak dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang lewat keringat.

Konsumsi Makanan Sehat

Menerapkan pola makan diet seimbang bisa memastikan tubuhmu mendapat semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Konsumsi cukup buah, sayur, dan biji-bijian seperti pasta gandum, roti, dan nasi. Hindari terlalu banyak konsumsi makanan asin atau berlemak.

Mengecek Tekanan Darah Berkala

Tekanan darah yang tinggi tidak bergejala, tapi bila ini terjadi dapat meningkatkan risiko masalah pada ginjal dan jantung. Karenanya, kamu bisa melakukan pengecekan tekanan darah secara berkala di tempat yang menyediakan, seperti klinik atau apotek.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"