Waspada Penyebab Atlet Ambruk di Lapangan, Bisa Berujung Kematian

Waspada Penyebab Atlet Ambruk di Lapangan, Bisa Berujung Kematian

Akhir-akhir ini banyak kejadian mengejutkan yang menimpa para atlet. Tidak sedikit dari mereka yang tiba-tiba tidak sadarkan diri ketika bertanding, entah itu pingsan atau malah meninggal dunia. Kejadian terbaru adalah meninggalnya pebulu tangkis Indonesia Markis Kido yang meninggal saat berlatih dan juga gelandang Denmark Chistian Eriksen yang pingsan ketika bertanding melawan Finlandia.

Kejadian ini tentu saja membuat banyak orang khawatir terkait apa yang sebenarnya terjadi. Lalu apakah yang menyebabkan atlet yang notabene mempunyai stamina bagus bisa kolaps dengan mudah? Bukankah mereka rajin berolahraga, menjaga pola makan, serta jauh dari gaya hidup bebas?

Markis Kido (via SINDOnews)

    

Seperti yang dilansir oleh marshfieldclinic.org, salah satu peristiwa yang paling tak terduga dan juga paling tragis selama kompetisi atletik berlangsung adalah ketika atlet mengalami serangan jantung secara mendadak. Serangan jantung tersebut dapat mengakibatkan seorang atlet muda tiba-tiba pingsan tanpa peringatan sebelumnya.

Hal itu terjadi dikarenakan heat stroke atau jantung terhenti karena adanya trauma. Henti jantung yang selama ini banyak terjadi adalah karena penyakit kardiovaskuler. Tuntutan aktivitas fisik yang intens membuat jantung rentan untuk mengembangkan ritme yang lebih cepat dan kacau.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"