Waspada GAD! Kondisi Mental Berupa Kecemasan, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Waspada GAD! Kondisi Mental Berupa Kecemasan, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Merasa cemas merupakan hal yang wajar dan merupakan bagian dari kehidupan, terutama jika hidup kamu penuh tekanan. 

Tapi, kecemasan dan kekhawatiran yang berlebihan serta terus-menerus sehingga sulit dikendalikan bahkan mengganggu aktivitas bisa jadi merupakan tanda GAD (generalized anxiety disorder), atau gangguan kecemasan umum.

GAD adalah kondisi yang bisa memengaruhi siapa pun, dari anak-anak hingga orang dewasa. Gejala yang muncul pada GAD adalah gejala yang mirip dengan gangguan panik, gangguan obsesif-kompulsif, dan jenis kecemasan lainnya.

Hidup dengan kondisi gangguan kecemasan umum bisa menjadi tantangan jangka panjang. Dalam banyak kasus, GAD adalah kondisi yang sering terjadi bersamaan dengan jenis kecemasan atau gangguan mood lainnya.

Dalam kebanyakan kasus, gangguan kecemasan umum dapat membaik dengan psikoterapi atau pengobatan. Beberapa cara lain juga bisa membantu mengatasi kondisi ini adalah dengan membuat perubahan gaya hidup, mempelajari cara mengatasi masalah, dan teknik relaksasi.

Mengetahui tentang GAD akan membantumu mengatasi dan mengidentifikasi kondisi mental. Dalam artikel ini, akan kami sampaikan mengenai apa saja yang berkaitan dengan GAD, mulai dari penyebab, gejala, hingga cara mencegah kondisi mental ini muncul.

Penyebab GAD

Ilustrasi Orang Cemas atau Panik (KlikDokter)

Gangguan Kecemasan Umum, atau GAD adalah kondisi yang ditandai dengan kekhawatiran yang terus-menerus dan berlebihan tentang banyak hal yang berbeda. Penderita GAD merasa sulit untuk mengendalikan kekhawatirannya.

Mereka terkadang memiliki kekhawatiran yang lebih dari yang seharusnya atau mungkin membayangkan hal terburuk, bahkan ketika tidak ada alasan yang jelas untuk merasa khawatir.

Seperti kondisi kesehatan mental lainnya, penyebab gangguan kecemasan umum kemungkinan besar muncul dari interaksi kompleks biologis dan faktor lingkungan. 

Dilansir dari mayoclinic.org, beberapa contoh penyebab GAD adalah:

- Perbedaan kimiawi dan fungsi otak

- Genetika

- Perbedaan dalam cara memandang ancaman

- Perkembangan dan kepribadian

Faktor Risiko

Wanita didiagnosis dengan gangguan kecemasan umum lebih sering daripada pria. Faktor-faktor berikut dapat meningkatkan risiko berkembangnya gangguan kecemasan umum atau GAD:

- Kepribadian. Seseorang yang temperamennya pemalu atau negatif, atau yang sering menghindari sesuatu yang berbahaya mungkin lebih rentan terhadap gangguan kecemasan umum daripada orang lain.

- Genetika. Gangguan kecemasan umum dapat terjadi dalam keluarga.

- Pengalaman. Orang dengan GAD mungkin memiliki riwayat perubahan hidup yang signifikan, pengalaman traumatis selama masa kanak-kanak atau yang baru terjadi. Penyakit medis kronis atau gangguan kesehatan mental lainnya juga dapat meningkatkan risiko.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"