Wajib Baca Bund! Ini Sebab Si Kecil Telat Bisa Bicara

Wajib Baca Bund! Ini Sebab Si Kecil Telat Bisa Bicara

Semua orangtua tentu berharap anak mereka bisa cepat berbicara. Anak yang telat bicara dibandingkan anak seusianya bisa membuat orangtua bingung dan mencari penyebabnya kenapa bisa terjadi.

Bagi orangtua yang mulai bingung kenapa anak mereka lama untuk bisa bicara, mungkin sebabnya bisa karena beberapa hal. Berikut ini beberapa penyebabnya.

1. Faktor Keturunan

Dilansir dari Parenting Center, faktor keturunan bisa menjadi sebab si kecil lambat berbicara.Misalnya dalam riwayat keluarga juga ada anggota keluarga yang mengalami hal seperti itu, misalnya kakak anak tersebut yang pernah susah dalam bicara.

2. Faktor Orangtua

Faktor ini muncul karena orangtua kurang bisa mengantisipasi kebutuhan anak. Jadi orangtua harus aktif mengajari anak bicara dan berkomunikasi.  Orangtua yang terlalu cuek bisa menjadi si anak menjadi terlambat berbica.

Ilustrasi Orangtua Ajari Anak Bicara (detikHealth)

3. Lahir Prematur

Bayi yang lahir secara prematur konon bisa menyebabkan si anak jadi terlambat berbicara. Kelahiran bayi yang belum waktunya membuat si anak akan membutuhkan waktu lebih lama dalam proses berbicara, karena berbeda dengan anak yang lahir tepat waktunya.

4. Gangguan Telinga

Anak terlambat bicara bisa jadi karena infeksi kronis pada telinga. Misalnya pada telinga terdapat cairan itu membuat pendengaran anak terganggu, sehingga mempengaruhi proses pembelajaran bicara si kecil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"