Waduh! Hentikan Kebiasaan Kunyah Es Batu Sekarang, Ternyata Efeknya Berbahaya Untuk Kesehatan Gigi

Waduh! Hentikan Kebiasaan Kunyah Es Batu Sekarang, Ternyata Efeknya Berbahaya Untuk Kesehatan Gigi

Pernahkah kamu melihat seseorang dengan santainya mengunyah es batu  atau mungkin kalian sendiri yang punya ‘hobi’ makan es batu seperti itu. Jika iya, disarankan untuk menghentikan kebiasaan itu sekarang. Sebab, jika terus dilakukan bakal ada efek negatif yang bisa terjadi pada gigi .

Dilansir dari Men’s Health, Jonathan Schwartz, DDS, dokter gigi dari Manhattan Dental Health mengatakan pada dasarnya saat mengunyah es batu sama seperti mengunyah batu. Jadi kebiasaan ini bisa dengan mudah membuat gigi patah atau bahkan mengikis lapisan gigi.

Walaupun gigi berbentuk keras, namun gigi tidak dirancang untuk menahan tekanan seperti ‘hantaman’ es batu. Sama ketika orang menggunakan giginya sebagai alat untuk membuka botol. Kebiasaan tersebut bukan tidak mungkin bisa menyebabkan risiko kerusakan pada gigi.

Foto: Es Batu (Kompas)

Tidak hanya itu saja, dikutip dari Everydayhealth, Dr. James Jacobs dari University of Pennsylvania and Columbia University juga memiliki pendapat serupa. Dia mengungkapkan bahwa mengunyah sesuatu yang dingin dan keras seperti es berpotensi membuat saraf di gigi terkejut.

Sampai akhirnya, hal ini bisa memicu terjadinya kerusakan saraf gigi bahkan sampai membutuhkan terapi di saluran akar gigi. Jacobs juga mengingatkan kalau permukaan gigi itu tidak rata. Jadi saat mengunyah sesuatu, permukaan atas gigi akan memfasilitasi gerakan mengunyah yang dilakukan.

Nah, saat sepotong es berada di antara gigi dan kamu mengigit ataupun mengunyahnya dalam sudut yang tidak tepat, maka akan menimbulkan risiko pengikisan pada enamel gigi. Jadi, akan menganggu kesehatan gigi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"