Varian Omicron Masuk Indonesia, Ini Jenis Masker yang Dilarang untuk Dipakai

Varian Omicron Masuk Indonesia, Ini Jenis Masker yang Dilarang untuk Dipakai

Virus COVID-19 varian omicron  asal Afrika Selatan sudah menembus Indonesia. Pasien pertama yang terpapar adalah petugas kebersihan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta. Ternyata untuk mencegah penularan, wajib dketahui soal masker .

Dilansir dari CNBC Indonesia, ada beberapa masker yang dilarang penggunaannya agar varian Omicron tidak menularkan seseorang. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr.Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR menjelaskan masker yang bisa menangkal virus itu.

Menurutnya masker N95 harus digunakan petugas medis dan masyarakat saat ini, termasuk masker dobel yakni masker beda ditambah masker kain dalam kegiatan sehari-harinya. Berikut beberapa jenis masker yang disarankan tidak digunakan.

Ilustrasi Varian Omicron (Bisnis.com)

1. Masker Katup

Masker katup disebut berbahaya digunakan karena disebut bisa menularkan dan tertular virus. Masker  jenis ini bisa membawa hembusan napas dari pemakai keluar sehingga jika pemakai masker sedang terpapar maka dengan mudah akan menyerang orang sekitarnya.

2. Masker Kain Bukan Katun

Masker kain yang bukan berbahan katun tidak disarankan dipakai. Sebab masker yang berbahan kain katun memiliki pori-pori yang rapat sehingga sulit ditembut oleh virus. Sementara masker yang bukan berbahan katun tidak memiliki pori-pori yang rapat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"