Udah Lakukan Berbagai Cara tapi Tetep Gendut? Kesehatan Mental, Kunci Penurunan Berat Badan

Udah Lakukan Berbagai Cara tapi Tetep Gendut? Kesehatan Mental, Kunci Penurunan Berat Badan

Sudah mencoba berbagai cara untuk turunkan berat badan tapi hasilnya tetep nihil? Jangan nyerah dulu! Saat ingin menurunkan berat badan, kita nggak cuma memerlukan olahraga dan menyantap makanan sehat, tapi juga meningkatkan kesadaran diri dan kesehatan mental.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan di Frontiers in Endocrinology, para ilmuwan menemukan bahwa dukungan emosional dan kesejahteraan (mindfulness) memiliki dampak signifikan dalam mengurangi makan berlebih.

Penelitian ini menggunakan 42 responden dewasa yang sebagian besar adalah wanita dengan indeks massa tubuh (BMI) 40, dan enam di antaranya telah menjalani operasi obesitas. 

Dari para responden itu, para peneliti membuat prioritas untuk memastikan peserta merasa aman, didukung, dan bebas untuk mengekspresikan diri. Lalu, selama periode 10 minggu para responden mencoba untuk menurunkan berat badan.

Kesehatan Mental, Kunci Penurunan Berat Badan (KlikDokter)

"Kami ingin mengajari dan membuat responden sadar akan adanya hubungan antara berat badan dan kesehatan mental."

Demikian dikatakan Trine Tetlie Eik-Nes, profesor di Norwegian University of Science and Technology's Department of Neuromedicine and Movement Science, yang memimpin penelitian tersebut.

"Tujuannya adalah agar mereka menjadi lebih sadar akan tantangan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari dan strategi apa yang bisa membantunya," tambah dia.

Hasilnya, para responden dapat mengidentifikasi pola pikir dan gaya hidup yang memicu makan berlebihan.

"Responden mengalami pengurangan hampir 30 persen dalam jumlah episode makan berlebihan."

"Lalu, terlihat adanya peningkatan yang signifikan dalam masalah emosional, seperti gejolak batin, kecemasan, depresi, dan lekas marah," ujar Eik-Ness.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"