Trik Ampuh Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa.. Biar Nggak Ngeluh Haus Melulu Nih!

Trik Ampuh Mencegah Dehidrasi Selama Berpuasa.. Biar Nggak Ngeluh Haus Melulu Nih!

Selama berpuasa di bulan Ramadan ini, biasanya ada satu hal yang sering dikeluhkan orang-orang, yaitu dehidrasi. Wajar banget sih, namanya seharian nggak bisa minum, kan? Tapi kalo tiap hari kamu ngalamin dehidrasi sih puasa rasanya jadi makin berat. 

Belum lagi dampak dehidrasi kan bisa bikin pusing dan nggak fokus kalo harus mikir. Yang ada puasa malah ngantuk terus dan susah konsentrasi. 

Ada lho beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa. Mau tau caranya? Yuk ikutin tips berikut ini!

Dehidrasi (bauernutrition.com)

Jangan lupa minum dengan jumlah seperti biasa

Meski sepanjang hari kamu nggak bisa minum, tetap aja tubuhmu butuh asupan air. Makanya, tetap patuhi aturan minum 8 gelas per hari ya! Cuma kali ini diatur aja waktunya pakai rumus 2-4-2. 

Jadi saat buka puasa, kamu langsung minum air dua gelas, empat gelasnya setelah berbuka sampai jelang tidur, terus 2 gelas lagi pas sahur. Kalau asupan air udah tercukupi, puasa jadi nggak drama haus terus! 

Dehidrasi (istockphoto.com)

Pastikan kamu selalu sahur selama puasa 

Buat beberapa orang, sahur tuh rasanya males banget. Ya males bangun, males makan pula. Tapi mau gimana pun, kamu harus tetap niat buat bangun untuk sahur ya! Soalnya, sahur adalah kunci buat memberikan asupan energi buat kamu berkegiatan sepanjang hari, ya dari makanan dan minum. 

Bablas ketiduran sih udah pasti pas bangun kamu jadi haus berat dan kelaperan. Udah gitu, pas buka puasa jadi kalap dan makan kebanyakan! 

Wajib makan buah tiap sahur

Nah, waktu sahur jangan lupa buat selalu sedia buah ya! Cairan yang dibutuhkan tubuh bisa kamu tambahin selain dari air, tapi juga dari buah-buahan segar dengan kandungan air tinggi. Buahnya bisa bebas apa aja dan ganti-ganti biar nggak bosan. Misalnya, semangka, melon, stroberi, belimbing, jeruk, nanas, dan tomat. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"