Tips Menjaga Kebugaran Selama Pandemi Covid-19 Ala Dokter, Apa Aja Nih?

Tips Menjaga Kebugaran Selama Pandemi Covid-19 Ala Dokter, Apa Aja Nih?

Pendemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia memaksa masyarakat (mau tidak mau) untuk melakukan segala kegiatan di rumah aja. Namun, meski demikian kita juga tetap harus berolahraga loh.

Karena olahraga atau kegiatan fisik dianggap sangat penting dan sudah terbukti secara ilmiah dapat menjaga kebugaran tubuh serta baik untuk imunitas melawan penyakit.

terus olahraga apa nih yang tepat untuk dijalani saat di rumah aja? Yuk, simak ulasannya.

Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia dr. Zaini K.Saragih, SpKO, punya tips tetap bugar selama pandemi. Kata Saragih, setidaknya ada empat cara untuk menjaga kebugaran selama di rumah aja.

Ilustrasi Olahraga di Rumah Aja (Kompasiana.com)

"Di masa pandemi ini, kita harus menjaga kebugaran yang mencakup empat hal, yaitu jantung dan paru-paru (aerobik), otot dan rangka (anaerobik), keseimbangan dan koordinasi (peregangan) serta metabolisme energi (berat badan)," katanya dalam sebuah webinar, Senin (14/12/2020).

Lebih lanjut, kata dia, untuk menjadi bugar, maka perlu memerhatikan keseimbangan energi, aktif secara fisik dan berolahraga.

Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga yang dilaksanakan secara terukur dan teratur, artinya intensitas dan lamanya sesuai dengan kebiasaan, dan jika akan ditingkatkan harus dilakukan secara gradual atau bertahap.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"