Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil, Boleh-Boleh Saja Asal Lakukan Ini

Tips Berpuasa Bagi Ibu Hamil, Boleh-Boleh Saja Asal Lakukan Ini

Ibu hamil memang butuh banyak asupan yang bergizi tinggi. Itulah mengapa kemudian banyak dari ibu yang sedang hamil, tidak wajib melakukan ibadah puasa. Namun, jika ternyata kondisi ibu hamil baik. Dokter juga sudah menyatakan tidak apa-apa, nyatanya ibu hamil pun bisa ikut menjalankan ibadah puasa. 

Seperti yang dijelaskan "NU Online" bahwa jika ibu hamil memiliki kondisi prima, begitu juga anak yang dikandungnya, maka ia tetap wajib berpuasa. Selain itu, ibu hamil yang khawatir dan menduga puasa dapat mengganggu kondisinya dan kandungan, maka hukumnya makruh.

Sementara jika ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang tak memungkinkan berpuasa, maka haram baginya untuk nekat berpuasa.

Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil

Porsi makan ibu hamil (nakita.grid.id)

Jika ibu dan kandungan sudah dinyatakan dalam kondisi prima oleh dokter, sekarang saatnya mengikut tips-tips berikut ini agar ibadah puasa bisa berjalan dengan lancar.

1. Makan dalam Jumlah Kecil

Ibu hamil disarankan untuk makan makanan dalam jumlah kecil namun sering. Baik saat saur maupun berbuka.

Sebab makan makanan yang banyak dan berat dalam sekali waktu dapat memicu masalah kesehatan seperti konstipasi, sakit kepala, lesu, dan gangguan pencernaan.

2. Makan Makanan dengan Gizi Seimbang

Ibu hamil sangat disarankan makan makanan yang mengandung gizi seimbang. Mulai dari protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat.

Makanan yang kaya nutrisi tidak hanya penting untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu, tapi juga penting demi menjaga berat badan ibu selama puasa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"