Tidur Ngasal Nggak Pakai Bantal Bisa Menggangu Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Tidur Ngasal Nggak Pakai Bantal Bisa Menggangu Kesehatan, Berikut Penjelasannya

Bantal menjadi barang wajib yang ada di tempat tidur. Fungsi bantal membantu kita tidur dengan nyaman karena digunakan untuk menjadi sanderan kepala saat tidur. Ternyata ada beberapa gangguan bila seseorang tidur tidak menggunakan bantal.

Dikutip dari Grid, ahli Telinga Hidung Tenggorokan dan Bedah Kepala Leher, dr.Ariani Ikasari Muhtadi Sp. THT-KL menjelaskan bahwa ada beberap penyakit yang bisa timbul jika kebiasaan tidur tidak memakai bantal tidak diubah.

1. Sakit Leher

Saat bangun tidur kadang leher terasa sakit. Mungkin ketika tidur tidak menggunakan bantal dan langsung meletakan kepala di kasur. Menggunakan bantal bisa mencegah dari sakit leher.

Orang yang tidak pakai bantal saat tidur akan sulit tidur dengan nyaman.Ketidaknyamanan ini membuat leher akan memanjang dan menyebabkan leher menjadi kaku ketika bangun tidur.

Ilustrasi Sakit Leher (Alodokter)

2. Postur Badan Tidak Baik

Tidur tidak menggunakan bantal dalam posisi tengkurap akan membuat postur tubuh menjadi kurang baik. Karena dapat memicu gangguan pada tulang belakang yang menyebabkan posisi tulang belakang menjadi tidak ideal. Tak hanya itu, hal ini sebabkan nyeri sendi dan otot di beberapa bagian tubuh.

3. Asam Lambung

Tidur tidak pakai bantal disarankan tidak dilakukan oleh orang yang memiliki gangguan Gastro Esophageal Reflux Disease atau GERD. Hal itu bisa memicu asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa panas di bagian dada.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"