Tetap Penuhi Kebutuhan Karbohidratmu, Inilah 5 Jenis Nasi untuk Diet yang Tinggi Serat dan Nutrisi

Tetap Penuhi Kebutuhan Karbohidratmu, Inilah 5 Jenis Nasi untuk Diet yang Tinggi Serat dan Nutrisi

Nasi terutama nasi putih, merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain itu, nasi banyak dikonsumsi karena mengandung karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi dalam tubuh.

Sementara bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan, umumnya beralih dari nasi putih ke jenis nasi lain yang dinilai lebih rendah kalori dan cocok untuk diet.

Dilansir dari Healthline, Rabu (15/12/2021) nasi khusus diet memiliki banyak varian. Dikatakan cocok untuk diet karena meski rendah kalori, kandungan nutrisinya relatif bagus dalam menjaga kesehatan tubuh menyeluruh. Penasaran nasi apa yang cocok untuk diet? Nih, simak info di bawah ini, ya!

1. Nasi Merah

Nasi Merah (Orami)

Jenis pertama yang biasa dipilih yaitu nasi merah dengan kandungan protein dan serat yang cukup tinggi dibanding nasi putih. Nutrisi unggulan dalam nasi merah yaitu antioksidan seperti flavonoid, termasuk anthocyanin apigenin, myricetin, dan quercetin, yang efektif menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Flavonoid dapat berperan mengurangi peradangan serta menekan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Diketahui, per 100 gram nasi merah atau setara satu centong nasi memuat 110 kalori dengan kadar indeks glikemiks rendah sehingga tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis.

2. Nasi Cokelat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"