Tetap Kenyang Meski Sedang Diet, Ini 5 Pengganti Nasi yang Lebih Sehat dan Rendah Kalori

Tetap Kenyang Meski Sedang Diet, Ini 5 Pengganti Nasi yang Lebih Sehat dan Rendah Kalori

Beras, yang kemudian diolah menjadi nasi, menjadi salah satu makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Beras sendiri adalah makanan yang mengenyangkan sehingga dapat membantu tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

Beras putih menjadi salah satu makanan yang umum dikonsumsi sehari-hari. Namun, beras putih tinggi kalori dan kurang cocok bagi kamu yang tengah menjalani diet. Sebagai alternatifnya, ada beberapa pengganti beras untuk diet yang bisa kamu coba. Tenang, kamu bakalan tetep kenyang, kok meski nggak makan nasi. Justru akan lebih sehat juga karena lebih rendah kalori. 

Dikutip dari beberapa sumber, orang yang sedang menjalani diet bisa menggunakan beberapa pengganti beras yang lebih sehat seperti berikut:

1. Quinoa

5 Pengganti Nasi yang Lebih Sehat dan Rendah Kalori, Quinoa (IDN Times)

Quinoa merupakan biji-bijian yang populer dijadikan pengganti nasi yang bebas gluten. Sebab, quinoa juga mengandung protein yang lebih tinggi daripada nasi pada umumnya. Dalam 92 gram quinoa matang tersedia sebanyak 4 gram protein, dua kali lipat dari jumlah protein yang ditemukan pada nasi putih.

Dilansir dari Healthline, quinoa juga merupakan sumber mineral yang berperan penting dalam proses metabolisme dan kesehatan tulang.

2. Nasi Kembang Kol

Memiliki penampilan yang mirip seperti nasi, kembang kol menjadi makanan alternatif yang rendah karbohidrat dan kalori. Kembang kol jadi alternatif nasi populer bagi mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat seperti keto.

Dalam satu porsi (57 gram) kembang kol yang telah dijadikan beras hanya memiliki 13 kalori. Angka ini jauh lebih rendah daripada 100 kalori untuk nasi putih dalam porsi yang sama.

Untuk membuatnya, potong-potong kepala kembang kol dan parut atau cincang halus. Nasi kembang kol bisa dimasak dengan api sedang dan sedikit minyak hingga empuk dan kecokelatan.

3. Beras Shirataki



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"