Ternyata Pakai Gadget Malam Hari Mempengaruhi Kulitas Sperma Loh!

Ternyata Pakai Gadget Malam Hari Mempengaruhi Kulitas Sperma Loh!

Main gadget malam hari sebeum tidur gak cuma bikin mata gak sehat. Ternyata juga erakibat buruk buat kualitas sperma. Nah, bagi yang pengen punya anak nih, sebaiknya dihindari main hape sampek malam.

Sebuah studi baru, yang dibagikan pada pertemuan Virtual SLEEP 2020, menemukan hubungan yang signifikan antara paparan malam dan larut malam terhadap perangkat digital yang memancarkan cahaya dan kualitas sperma yang buruk.

Main gadget malam hari (elemental.medium.com)

Studi tersebut meneliti 116 pria, berusia 21 hingga 59 tahun. Setelah mengisi kuesioner rinci tentang variabel demografis, kesehatan, dan tidur serta paparan harian mereka terhadap perangkat media digital, para pria tersebut dikirim ke laboratorium untuk mengumpulkan sampel dan dianalisis dalam waktu satu jam.

Ternyata penggunaan perangkat digital yang sering pada malam hari berkorelasi dengan penurunan motilitas sperma (kemampuan untuk "berenang" dengan benar) dan penurunan konsentrasi sperma.

Secara khusus, penggunaan ponsel cerdas di malam hari, penggunaan tablet setelah waktu tidur, dan penggunaan televisi di malam hari semuanya berkorelasi dengan penurunan konsentrasi sperma, menurut peneliti utama, Amit Green, PhD, kepala penelitian dan pengembangan di Sleep dan Institut Kelelahan di Pusat Medis Assuta di Tel Aviv.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"