Ternyata, Minum Air Dingin Punya Efek Samping Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Ternyata, Minum Air Dingin Punya Efek Samping Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

Tak sedikit orang yang hobi mengkonsumsi air dingin dalam kesehariannya. Selain memberikan efek yang menyegarkan, air dingin juga mengandung 0 kalori.

Namun tak banyak pula yang tahu, jika mengkonsumsi air dingin memiliki dampak tak begitu baik bagi kesehatan. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Gangguan pencernaan

Mengkonsumsi air es ternyata bisa memicu kesulitan buang air besar. Sebab, air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah serta memperlambat pemecahan makanan di lambung. Hal ini pun membuat perut kembung karena sulit dicerna dengan air dingin.

2. Mempengaruhi metabolisme

Ilustrasi orang minum air dingin (via freepik)

Mengkonsumsi air dingin juga bisa beresiko pada metabolisme tubuh menjadi tidak seimbang. Sebab tubuh perlu mengeluarkan banyak energi untuk menaikkan suhu dingin ke suhu netral. Kondisi ini dikenal dengan istilah thermogenesis.

3. Memperlambat denyut jantung

Konsumsi air es juga akan berpengaruh pada denyut jantung. Suhu dingin merangsang saraf vagus yang berjalan di bagian belakang leher. Saraf ini bekerja untuk mengendalikan aktivitas tubuh yang tak disengaja. Namun orang yang punya masalah jantung sebaiknya hindari konsumsi air dingin. 

4. Memperlambat penyerapan nutrisi

Minum air dingin juga akan mempersulit tubuh dalam menyerap nutrisi makanan. Apalagi bila kondisi pencernaan juga sedang tidak stabil, maka air dingin akan mengambat masuknya nutrisi penting dari makanan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"