Ternyata Kondisi Kesehatanmu Bisa Dilihat Dari Kuku Loh! Gini Caranya

Ternyata Kondisi Kesehatanmu Bisa Dilihat Dari Kuku Loh! Gini Caranya

Kuku adalah bagian dari hidup, tetapi mungkin kamu gak kepikiran untuk mengaitkannya dengan kondisi kesehatan. Padahal keanehan atau apapun yang terjadi pada kuku bisa jadi indikator kesehatan.

Gak cuma buat dihias dan dipanjangin aja loh gengs... Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Bintik putih

Bintik-bintik putih kecil pada kuku tidak biasa, kata dokter Dr. Luiza Petre dikutip dari SheKnows.com. Dia mencatat bahwa hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal yang berbeda, termasuk infeksi jamur, reaksi alergi, cedera kuku, kekurangan vitamin atau penyakit sistemik.

Kuku bisa jadi indikasi kesehatan (thesun.co.uk)

2. Kuku kuning

Kuku kuning bukan hanya kotor dan gak enak dilihat, Dr. Richard Honaker memberi tahu. Dia mengatakan ini dapat menunjukkan beberapa penyakit, termasuk infeksi jamur, tetapi juga penyakit hati atau penyakit ginjal.

3. Pangkal kuku pucat

Jika pangkal kuku lebih pucat dari biasanya, itu bisa menjadi tanda penyakit, termasuk anemia, penyakit hati atau gagal jantung kongestif, kata Bhanote.

4. Kuku kebiruan

Jika kuku memiliki semburat biru, itu mungkin merupakan tanda bahwa kamu tidak mendapatkan cukup oksigen, yang dapat mengindikasikan penyakit paru-paru atau penyakit kardiovaskular.

Kuku yang tidak sehat (wrvo.org)

5. Kuku kering, rapuh atau mudah retak

Kuku seperti ini bisa menjadi gejala hipotiroidisme atau anemia. Ini juga bisa terjadi kalau kamu sering cuci tangan atau punya pekerjaan yang berhubungan dengan mencuci. Bukan cuma tangan yang kering, tapi kuku juga bisa kering.

6. Pigmen biru tua atau hitam

Ini mungkin bukan masalah besar, kata Bhanote, tetapi juga bisa menjadi tanda peringatan. "Jika ada perubahan warna pada satu kuku dan tampak gelap, itu harus segera diperiksa oleh dokter dan bahkan mungkin dibiopsi," katanya.

"Ini bisa merupakan pengendapan dari melanosit dan mungkin entitas yang lebih serius seperti melanoma," ungkapnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"