Ternyata Berkebun Bagus untuk Kesehatan, Berikut Ini 7 Manfaatnya!

Ternyata Berkebun Bagus untuk Kesehatan, Berikut Ini 7 Manfaatnya!

Menanam bunga dan sayuran dapat menghasilkan karangan bunga yang melimpah dan panen yang lezat untuk meja makanmu. 

Tapi tahukah kamu bahwa berkebun juga dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan? Gak percaya? Nah, berikut ini adalah 7 manfaat kesehatan yang mengejutkan dari berkebun! 

1. Berkebun dapat membangun kepercayaan diri.

Berkebun baik untuk meningkatkan kepercayaan diri (businessinsider.com)

Mungkin kamu tidak pernah berpikir bahwa kamu sehebat itu. Namun setelah kamu berhasil mengolah, menanam, memelihara, dan memanen tanaman, kamu mungkin melihat orang yang sedikit berbeda di cermin: seseorang yang dapat menanam sesuatu dan pandai mengurus makhluk hidup lain.

Selalu terasa menyenangkan untuk menyelesaikan tugas baru, dan jika kamu bisa menumbuhkan kebun, apa yang tidak bisa kamu lakukan?

2. Berkebun baik untuk jantungmu.

Semua penggalian, penanaman, dan penyiangan itu membakar kalori dan menguatkan hatimu.

“Ada manfaat fisik dari melakukan pekerjaan manual berkebun,” kata dokter penyakit dalam UNC Health Robert Hutchins, MD, MPH. "Berkebun adalah kerja keras yang bisa memberikan beberapa manfaat kardiovaskular."

3. Berkebun dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

“Berkebun memberimu kesempatan untuk fokus pada sesuatu dan menempatkan pikiranmu untuk bekerja dengan tujuan tertentu,” kata Dr. Hutchins, “yang sangat membantu, terutama sekarang dengan begitu banyak penyakit dan kematian, dan pembicaraan tentang kematian.”

4. Berkebun bisa membuatmu bahagia

Mendapatkan kotoran di bawah kukumu saat menggali tanah bisa membuatmu cukup bahagia. Faktanya, menghirup M. vaccae, bakteri sehat yang hidup di tanah, dapat meningkatkan kadar serotonin dan mengurangi kecemasan.

5. Berkebun dapat meningkatkan kekuatan tangan 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"