Ternyata Begini Perkembangan Janin Tiap Minggu di Trimester Pertama, Yuk Simak!

Ternyata Begini Perkembangan Janin Tiap Minggu di Trimester Pertama, Yuk Simak!

Perkembangan Janin Tiap Minggu di Trimester Pertama

Taukah kalian kalo perkembangan bayi dalam kandungan dibagi dalam beberapa trimester atau periode 3 bulan? Di sini akan dijelaskan perkembangan janin tiap minggunya di trimester pertama.

Perkembangan janin dimulai setelah pembuahan terjadi. Nah, pembuahan ini terjadi saat 2 minggu abis tanggal menstruasi terakhir kalian dimulai.

Perkembangan janin (alodokter.com)

Pada minggu ketiga ini, telur yang udah dibuahi mulai berkembang. Lalu, kantung embrio dan plasenta ikut kebentuk. Sel darah dan sel-sel lainnya juga berkembang. Dari sini sirkulasi darah dimulai.

Di minggu ke-4, udah ada tabung jantung janin dan bisa berdenyut 65 kali dalam semenit. Di akhir bulan pertama, janin berukuran 0,6 cm.

Di sini juga udah dimulai gejala kehamilan. Misalnya, kelelahan, payudara membesar, dan sebagainya. Kadar hormon HcG juga ikut naik. Hormon inilah yang bikin menstruasi berhenti.

trimester pertama (hellosehat.com)

Kemudian, pada minggu yang ke-6, mulai terbentuk wajah dengan lingkaran besar buat mata, hidung, mulut, telinga, rahang bawah, dan tenggorokan. Janin juga mulai keliatan bentuknya kayak huruf C.

Selanjutnya, di minggu ke-7, terbentuk tangan dan kaki. Rahim ukurannya udah dua kali lipat lebih besar.

Kemudian, di minggu ke-8 hingga sepuluh, janin udah berhasil melalui masa kritis dalam perkembangan organ dan struktur tubuh. Ukuran janin biasanya udah hampir 3 cm di minggu ini. 

Bahkan, janin juga udah banyak gerak dan makin keliatan kayak manusia. Di minggu inilah bayi di kandungan siap buat berkembang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"