Tahu Gak Sih? Minum Kopi Ternyata Baik buat Kesehatan Pencernaan

Tahu Gak Sih? Minum Kopi Ternyata Baik buat Kesehatan Pencernaan

Kopi dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk risiko diabetes, depresi, dan penyakit jantung yang lebih rendah. Sebuah analisis baru telah mengungkapkan bahwa kopi memiliki efek yang kuat pada sistem pencernaan juga.

Dalam sebuah studi yang didanai oleh Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC), para ahli meninjau studi terbaru tentang hubungan antara konsumsi kopi dan kesehatan pencernaan.

Manfaat kopi untuk pencernaan (ccipv.com)

Hasil analisis menunjukkan bahwa minum kopi membantu menurunkan risiko gangguan pencernaan tertentu seperti penyakit batu empedu dan pankreatitis. Kopi juga ditemukan untuk meningkatkan aspek-aspek tertentu dari proses pencernaan, seperti motilitas usus, dan merangsang pencernaan.

"Efek kopi pada pencernaan adalah area penelitian yang berkembang," kata Profesor Vecchia.

"Data menunjukkan manfaat terhadap keluhan pencernaan umum seperti sembelit, serta potensi pengurangan risiko kondisi yang lebih serius seperti penyakit hati kronis, batu empedu, dan pankreatitis terkait," tambahnya.

Mencegah batu empedu (ezra.com)

Penyakit batu empedu adalah gangguan pencernaan umum yang disebabkan oleh akumulasi endapan cairan pencernaan dalam kandung empedu atau saluran empedu.

Melalui mekanisme yang belum teridentifikasi, kopi menawarkan perlindungan terhadap penyakit batu empedu. Para ahli telah menemukan bahwa risiko kondisi ini berkurang karena konsumsi kopi harian meningkat.

Menurut para peneliti, kemungkinan kafein memainkan peran dalam mengurangi risiko penyakit batu empedu karena efeknya tidak diamati di antara peminum kopi tanpa kafein.

Penelitian kopi untuk pencernaan (verywellhealth.com)

Laporan ISIC tidak hanya menyoroti sejumlah temuan yang relevan, tetapi juga memberikan wawasan tentang bidang-bidang yang menuntut penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi mekanisme yang mendasari efek menguntungkan kopi pada sistem pencernaan.

Penelitian ini didanai oleh Institute for Scientific Information on Coffee (ISIC). Jadi selain manfaat untuk bikin kamu gak ngantuk, kopi juga baik ternyata buat pencernaanmu gengs...

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"