Sumber Karbo yang Lebih Sehat: Ubi atau Kentang?

Sumber Karbo yang Lebih Sehat: Ubi atau Kentang?

Kentang biasa dan ubi jalar bukanlah keluarga dekat. Masih banyak yang salah kaprah mengira mereka adalah satu keluarga di dunia silsilah botani.

Kentang adalah bagian dari keluarga 'nightshade', sedangkan ubi jalar termasuk dalam 'marga morning glory'. Keduanya dianggap sayuran akar, artinya bagian tanaman yang kamu makan tumbuh di bawah tanah.

Kentang biasa memiliki daging berwarna putih atau kuning di dalamnya, sedangkan ubi dikenal memiliki jeroan berwarna jingga. Keduanya biasanya memiliki kulit kecoklatan; meskipun, itu dapat bervariasi tergantung varietasnya.

Ada lebih dari 4.000 jenis kentang dan 1.000 varietas ubi jalar yang ditanam di seluruh dunia.

Kandungan Nutrisi pada Kentang dan Ubi

Berbagai macam ubi (halodoc.com)

Kentang dan ubi sama-sama sumber karbohidrat yang bagus untuk tubuhmu. Asalkan diolah dengan benar. Berikut beberapa kandungan nutrisi pada kedua bahan makanan ini:

1. Serat. Namun, kunci dari manfaat kesehatan ini adalah dengan memakan kulit kentang. Sebab separuh serat dari kentang atau ubi jalar ada di kulitnya. Tapi pastikan untuk mencuci kulit dengan baik untuk menghilangkan kotoran.

2. Karbohidrat. Kentang dan ubi dianggap sayuran bertepung karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, yang memberikan dorongan energi.

3. Kalium. Fakta menyenangkan: Kentang dan ubi mengandung lebih banyak potasium daripada pisang. (Pelajari tentang makanan lain yang dikemas dengan potasium.)

4. Vitamin B6. Kentang ukuran sedang atau ubi jalar memasok sekitar 30% dari nilai harian vitamin B6 yang kamu rekomendasikan, yang berfungsi untuk memperkuat otak dan sistem saraf.

5. Vitamin C. Kamu  bisa mendapatkan sekitar sepertiga dari jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan melalui kentang atau ubi jalar. Hebat kan?

Lebih Sehat Mana: Kentang atau Ubi?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"