Suka Banget Makanan Manis? Ikutin Cara Ini Biar Kamu Nggak Jadi Kecanduan~

Suka Banget Makanan Manis?  Ikutin Cara Ini Biar Kamu Nggak Jadi Kecanduan~

Makanan manis tuh emang selalu gampang bikin ngiler. Sebut aja nama-nama makanan favorit yang paling sering ada di mana-mana. Martabak, cookies, es krim, permen, gulali, cake, pisang cokelat meleleh, donat, pancake, roti, dan teman-temannya. 

Tapi kamu tau nggak sih kalau gula dalam makanan manis ini tuh jadi salah satu zat adiktif dan bisa bikin kecanduan? Tanda-tanda kecanduan makanan manis tuh gampang kelihatan. 

Setiap hari, kamu selalu pengen minum minuman manis seenggaknya 2-3 kali, dari mulai es teh, es kopi susu, ditambah boba milk tea. Pas abis makan siang, harus banget lanjut dessert entah itu cake atau es krim. Waktunya ngemil, kamu pun cari-cari makanan manis kayak cookies atau jajanan manis lainnya. Hayooo, siapa yang punya kebiasaan kayak gini? 

Nggak mudah sih untuk mengubah kebiasaan jadi lebih sehat. Tapi kalau kamu memang ada keinginan berubah, coba ikutin beberapa tips ini ya. 

Cara berhenti makan makanan manis (imaxdiscovery.com)

Memahami kalau makanan manis itu nggak sehat 

Pertama, kamu harus paham dulu kenapa harus berhenti mengonsumsi makanan manis. Atau setidaknya mengurangi. Sederhana aja, makanan manis itu nggak sehat sama sekali dan berbahaya buat kesehatan, apalagi kalau konsumsinya super banyak dan setiap hari. 

Bahayanya apa? Kamu bisa berisiko obesitas alias kelebihan berat badan dan bisa berujung ngalamin diabetes, ada gangguan pada jantung karena kadar kolesterol meningkat, kerusakan hati karena ada penumpukan lemak, bahkan gagal ginjal. Gimana, udah cukup memahami bahayanya, kan? 

Cara berhenti makan makanan manis (thecounter.org)

Minuman alternatif 

Tiba-tiba seharian nggak minum manis mungkin terasa berat buat kamu. Tapi selalu ada alternatif yang lebih sehat kok. Coba deh mulai ganti es kopi susu dengan es kopi hitam tanpa gula, susu, dan krimer. Boba milk tea? Mungkin bisa dijadwalin sebulan sekali. 

Untuk pilihan minuman yang bisa dikonsumsi sehari-hari, kamu bisa pilih teh herbal, infused water dengan aneka buah-buahan yang bisa gonta-ganti tiap hari, kopi tanpa gula, jus buah tanpa gula, atau air kelapa. 

Makanan alternatif

Buat makanan manis, bisa  mulai mengonsumsi buah-buahan, kayak mangga, melon, semangka, pisang, stroberi, dan apapun yang kamu suka. Pilihan lainnya ada kismis, yoghurt, selai kacang, dan oatmeal pancake tanpa sirup tambahan. 

Kamu juga bisa lho bikin smoothie bowl dengan topping buah, kelapa kering, dan kacang-kacangan. Bisa cari juga produk-produk es krim dan cake yang mencantumkan kandungan nutrisinya. Sekarang ini udah banyak lho produk lokal homemade yang memproduksi makanan manis tapi rendah kalori dan cocok untuk diet.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"