Ssshhtt, Info Penting Buat Para Lelaki Nih! Berapa Kali Sperma Seharusnya Dikeluarkan dalam Seminggu?

Ssshhtt, Info Penting Buat Para Lelaki Nih! Berapa Kali Sperma Seharusnya Dikeluarkan dalam Seminggu?

Mungkin ada pertanyaan di benak para pria terkait dengan ejakulasi, seperti "Berapa kali dalam seminggu sperma harus dikeluarkan?". Jika kamu salah satu pria yang memiliki pertanyaan tersebut, dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasannya untukmu. 

Dilansir dari Manual.co, sebenarnya tidak ada frekuensi mutlak berapa kali sperma harus dikeluarkan. Sebab, frekuensi ejakulasi sebenarnya bergantung pada usia, kesehatan mental, dan juga kondisi fisik seseorang, serta status hubungan.

Berapa kali sperma dikeluarkan dalam seminggu?

Namun, meski demikian, sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Medical School mengatakan bahwa pria yang melaporkan ejakulasi sebanyak 21 kali dalam sebulan memiliki risiko 31 persen lebih rendah terkena kanker prostat dibandingkan mereka yang hanya ejakulasi antara 4 dan 7 kali per bulan. Dengan demikian, untuk mencapai 21 kali ejakulasi dalam sebulan, sperma harus dikeluarkan sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Namun, tidak semua penelitian memberikan hasil serupa. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association tidak menemukan hubungan antara frekuensi ejakulasi dan risiko kanker prostat. Kemudian, sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan di BJUI International yang melibatkan 800 subjek menemukan bahwa pria muda yang melaporkan lebih banyak aktivitas seksual (baik masturbasi dan seks) sebenarnya memiliki risiko sedikit lebih tinggi terkena kanker prostat di usia 20-an dan 30-an. Namun, aktivitas seksual yang lebih produktif tampaknya melindungi terhadap kanker prostat setelah usia 50 tahun.

Lebih lanjut, pada tahun 2018, peneliti Cina juga menerbitkan meta-analisis dari 21 studi yang melibatkan lebih dari 55.000 pria. "Ejakulasi sedang" (misalnya, dua hingga empat kali per minggu) "berhubungan secara signifikan" dengan risiko kanker prostat yang lebih rendah, tetapi risikonya tidak menurun dengan lebih banyak ejakulasi daripada itu. Lebih jauh lagi, para peneliti menemukan bahwa pria yang memiliki lebih sedikit pasangan seksual dan mulai berhubungan seks di kemudian hari memiliki insiden kanker prostat yang lebih rendah.

Berapa Kali Sperma Seharusnya Dikeluarkan dalam Seminggu (KlikDokter)

Apa yang Terjadi Jika Pria Mengeluarkan Sperma Setiap Hari?

Sebenarnya, tidak ada yang menyatakan bahwa ejakulasi setiap hari tidak sehat. Ejakulasi yang sering tidak memiliki efek samping fisik dan, selama tidak terkait dengan masturbasi kronis atau kecanduan pornografi, itu sebenarnya dapat bermanfaat bagi kesejahteraan emosional. 

Hal ini karena ketika kamu terangsang, tubuhmu meningkatkan kadar hormon oksitosin dan dopamin. Oksitosin dikaitkan dengan emosi positif, pengurangan stres, dan ikatan. Sementara itu, dopamin berkontribusi pada perasaan senang dan puas yang membantu meningkatkan suasana hati, motivasi, dan produktivitas, sekaligus mengurangi stres dan depresi.

Namun, jika ejakulasi setiap hari, kamu mungkin akan mengalami sesuatu yang disebut periode refraktori. Ini mengacu pada waktu antara orgasme dan ketika kamu merasa siap untuk terangsang lagi secara seksual. Pada pria yang lebih muda, ini bisa terjadi dari beberapa menit hingga beberapa jam. Namun seiring bertambahnya usia, periode refraktori bisa menjadi lebih lama, terkadang hingga 12-24 jam atau lebih. Jadi, bagaimana kamu bisa melepaskan sperma setiap hari, kalau tidak selalu dalam mood yang baik alias terangsang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"