Shisha Tidak Berbahaya Seperti Rokok, Benarkah?

Shisha Tidak Berbahaya Seperti Rokok, Benarkah?

Berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang gemar menggunakan shisha. Shisha sendiri merupakan tembakau khusus yang dipanaskan dengan kayu bakar, batu bara atau arang. Dan asap akan dihasilkan saat tembakau tersebut dipanaskan.

Kemudian, asap yang menggelembung akan masuk ke pipa atau tabung panjang yang kemudian dihirup melalui corong di ujung pipa.

Lantas, apakah shisha tidak berbahaya seperti rokok? Nyatanya, shisha memiliki dampak negatif pada kesehatan tubuh, lho. Berikut adalah beberapa dampak berbahaya yang terjadi pada tubuh saat menggunakan shisha.

# Darah tak berfungsi normal dan menggumpal

Dampak buruk dari rokok shisha (detikhealth.com)

Sebuah studi yang ditulis pada jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology tahun 2020, asap tembakau dari shisha dapat menyebabkan darah tidak berfungsi dengan normal dan mudah menggumpal. Tentu saja, hal ini bisa mengakibatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Dari penelitian itu, ditemukan pula asap tembakau shisha yang dapat menyebabkan darah menggumpal hanya dalam hitungan 11 detik! Sedangkan pembekuan darah yang normal biasanya terjadi dalam waktu 5 menit.

Sebagian orang menganggap bahwa shisha tak berbahaya seperti rokok. Namun, Fadi Khasawneh, Ph.D., profesor dan ketua ilmu farmasi di The University of Texas, Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa racun yang dihasilkan shisha sama atau bahkan melebihi dari rokok.

# Merusak kesehatan jantung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"