Sering Jadi Musuh saat Diet, Ini Lho Fungsi Karbohidrat yang Sebenarnya

Sering Jadi Musuh saat Diet, Ini Lho Fungsi Karbohidrat yang Sebenarnya

Bagi sebagian orang, karbohidrat dianggap sebagai musuh karena kandungannya dipercaya memiliki banyak kalori yang bisa membuat diet gagal. Namun, tanpa disadari ternyata fungsi karbohidrat untuk kesehatan tubuh itu sangat penting lho, Gengs.

Kandungan karbohidrat ini merupakan salah satu nutrisi harian yang penting yang sangat diperlukan tubuh. Jika mengonsumsinya dengan porsi yang tepat dan jenis yang sesuai, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat dari karbohidrat tanpa membuat tubuh menjadi gemuk.

 

Nah, berikut ini 5 fungsi karbohidrat: 

Sering Jadi Musuh saat Diet, Ini Lho Fungsi Karbohidrat yang Sebenarnya (KlikDokter)

1. Sebagai Sumber dan Cadangan Energi

 

Karbohidrat menjadi sumber energi bagi tubuh sehingga tubuh bisa lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas. Nggak cumaa itu, kandungan tersebut juga mampu menyimpan sisa energi dari glukosa menjadi glikogen.

Cadangan ini terdapat pada hati dan juga otot yang dapat menyebarkan energi ke seluruh tubuh serta mengatur kadar gula darah agar tetap normal. Fungsi lain dari karbohidrat juga digunakan saat latihan intensitas tinggi dalam waktu yang tak sebentar.

Namun, jangan sampai berlebihan mengonsumsi karbohidrat, ya. Pasalnya, jika glukosa dan glikogen sudah penuh, keduanya akan berubah menjadi lemak.

2. Memelihara Massa Otot

Saat kadar glukosa habis, kamu tetap dapat menggunakan otot dengan baik karena masih memiliki sisa cadangan. Namun, jika sudah tak ada lagi, energi akan diperoleh dari protein.

Buruknya, protein akan mengubah massa otot sehingga berisiko tinggi bagi kesehatan, termasuk dapat memicu kematian. Untuk itu, mengonsumsi karbohidrat secara rutin lebih dianjurkan untuk memelihara bentuk otot.

3. Mengontrol Berat Badan

Karbohidrat sering dihindari beberapa orang karena dianggap dapat menyebabkan kegemukan. Padahal, kandungan karbohidrat ini berperan penting dalam mengontrol berat badan. Dengan catatan, memilih jenis karbohindrat yang juga terdapat serat di dalamnya.

Karbohidrat kompleks memiliki serat yang mampu meningkatkan berat suatu makanan. Jadi, akan membuatmu lebih cepat kenyang dan tahan lama sehingga keinginan untuk makan banyak dapat berkurang.

Adanya asupan berserat tinggi juga biasanya rendah kalori, maka cocok dikonsumsi oleh para pelaku diet.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"