Sering Dianggap Sama, Apa Sih Perbedaan Serangan Panik dan Serangan Kecemasan?

Sering Dianggap Sama, Apa Sih Perbedaan Serangan Panik dan Serangan Kecemasan?

Ketika berbicara tentang masalah kesehatan mental, istilah "serangan panik" dan "serangan kecemasan" seringkali digunakan secara bergantian sehingga banyak orang menganggapnya sama. Padahal, keduanya adalah kondisi yang berbeda dan memiliki beberapa diferensiasi penting.

Karenanya, memahami perbedaan antara serangan panik dan kecemasan adalah langkah penting dalam mengatasi dan mengelola kondisi mental ini. Berdasarkan informasi dari Healthline, yuk kita jelajahi apa sebenarnya perbedaan di antara kedua kondisi tersebut!

Apa itu Serangan Panik?

Perbedaan Serangan Panik dan Serangan Kecemasan (via Alodokter)

Serangan panik adalah episode tiba-tiba dari kecemasan yang intens, yang biasanya muncul dengan gejala fisik dan psikologis yang kuat. Gejalanya dapat meliputi detak jantung yang cepat, gemetar, keringat berlebihan, rasa takut kehilangan kendali, dan bahkan sensasi merasa seperti sedang mengalami serangan jantung.

Serangan panik seringkali datang begitu saja dan mencapai puncaknya dalam waktu singkat, dan biasanya hanya beberapa menit. Setelah serangan berlalu, seseorang mungkin merasa lelah dan bingung sehingga terlihat kacau.

Apa itu Serangan Kecemasan?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"