Sering Dianggap Bikin Batuk, Ini 7 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Nomor 6 Berkaitan dengan Kanker

Sering Dianggap Bikin Batuk, Ini 7 Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Nomor 6 Berkaitan dengan Kanker

Buah rambutan  banyak dijauhi orang. Hal ini karena mereka khawatir dengan anggapan makan rambutan bisa menyebabkan batuk . Tidak sedikit orang yang memang mengeluh setelah mengkonsumsi rambutan lalu menyimpulkan kalau buah tersebut bisa memicu batuk. Padahal faktanya tidak sesederhana itu. Belum ada studi ilmiah yang menunjukkan bahwa rambutan berkaitan langsung dengan batuk.

Tapi dikutip dari laman KlikDokter, dr. Resthie Rachmanta, M.Epid mengatakan gula pada rambutan yang bisa menjadi penyebab batuk. Ini karena gula di rambutan bersifat pekat sehingga cenderung melekat di tenggorokan. Namun, reaksi ini bisa berbeda-beda tergantung masing-masing individu. Terlepas dari itu, rambutan masih memiliki segudang manfaat lain untuk kesehatan. Apa saja itu? Berikut 7 manfaat rambutan.

1. Kaya Antioksidan

Foto: Rambutan (SehatQ)

Rambutan merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan sendiri berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit dan menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar dan sehat. Rambutan juga memiliki beberapa senyawa baik, diantaranya karoten, xantofil, fenol, tanin, vitamin E, dan vitamin C. Senyawa inilah yang memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh karena dapat membangun pembentukan radikal bebas dalam tubuh dan menjaga sel-sel dari kerusakan.

2. Melancarkan Pencernaan

Selain kaya antioksidan, rambutan juga mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan proses pengeluaran kotoran saat BAB. Kamu bisa terhindar dari sembelit hanya dengan mencukupi asupan serat dari buah rambutan atau buah dan sayuran lainnya. Serat yang terdapat dalam daging buah ini juga tidak larut, sehingga dapat langsung melewati usus tanpa harus dicerna.

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Rambutan termasuk sebagai buah-buahan dengan sumber vitamin C yang baik. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut menjadikan buah rambutan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini baik untuk membantu agar tidak mudah jatuh sakit.

4. Membantu Turunkan Berat Badan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"