Seluk Beluk Tes Genetik atau DNA dan Seberapa Penting Mengetahui Hasilnya?

Seluk Beluk Tes Genetik atau DNA dan Seberapa Penting Mengetahui Hasilnya?

Tes genetik berguna di banyak bidang kedokteran dan dapat mengubah perawatan medis yang kamu atau anggota keluargamu terima.

Pasalnya, pengujian genetik dapat memberikan diagnosis untuk kondisi genetik seperti Fragile X atau informasi tentang risiko seseorang terkena kanker.

Ada banyak jenis tes genetik. Tes genetik dilakukan dengan menggunakan sampel darah atau ludah dan hasilnya biasanya siap dalam beberapa minggu.

Karena kita berbagi DNA dengan anggota keluarga kita, jadi, jika ternyata ditemukan perubahan genetik pada tubuh kita. Anggota keluarga mungkin memiliki perubahan yang sama. Konseling genetik sebelum dan sesudah tes genetik dapat membantu memastikan banyak hal tentang tubuhmu, mungkin juga keluargamu yang satu darah.

# Tujuan Melakukan Tes Genetika/DNA

Genetika manusia (health.detik.com)

Berikut ini beberapa fungsi melakukan tes genetika:

1. Untuk mengetahui apakah kamu memiliki kondisi genetik yang diturunkan dalam keluarga sebelum kamu memiliki gejala.

2. Untuk mempelajari tentang kemungkinan kehamilan saat ini atau masa depan apakah akan memiliki kondisi genetik tertentu.

3. Untuk mendiagnosis kondisi genetik jika kamu atau anakmu memiliki gejala.

4. Untuk memahami dan memandu rencana pencegahan atau pengobatan kankermu.

# Jenis Tes Genetika

Ada banyak jenis tes genetik. Pendekatan untuk pengujian genetik bersifat individual berdasarkan riwayat medis dan keluarga dan kondisi apa yang sedang kamu uji.

1. Tes gen tunggal. Tes gen tunggal mencari perubahan hanya pada satu gen. Tes gen tunggal dilakukan ketika dokter yakin kamu atau anakmu memiliki gejala kondisi atau sindrom tertentu.

Beberapa contohnya adalah distrofi otot Duchene atau penyakit sel sabit. Tes gen tunggal juga digunakan ketika ada mutasi genetik yang diketahui dalam sebuah keluarga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"