Selamat Hari Pangan Sedunia, Ini Loh 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhin Tubuh

Selamat Hari Pangan Sedunia, Ini Loh 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhin Tubuh

Selamat hari pangan sedunia? Pada 16 Oktober, dunia akan merayakan hari pangan tiap tahunnya. Ngomongin soal pangan, sebenernya nutrisi yang kalian dapat dari pangan udah tercukupi belum sih? 

Ada beberapa nutrisi yang harus didapatkan dari makanan. Nutrisi-nutrisi itu, termasuk paling penting bagi tubuh kita. Soalnya, bisa mencegah penyakit dan memberikan kesehatan tubuh. Nah, yuk simak apa aja nutrisi tersebut!

1. Protein

protein (hsph.harvard.edu)

Protein sangatlah penting bagi kesehatan. Nutrisi ini akan bantu tubuh kita membangun pertahanan tubuh, otot. Lalu, sel tubuh, rambut, dan kulit juga terbentuk dari protein, loh. Sebanyak 16 persen rata-rata berat badan manusia adalah protein.

Protein emang sangat penting bagi pertumbuhan tubuh. Lalu, kalian bisa dapetin protein dari makanan kayak telur, daging, produk susu, dan kacang-kacangan.

2. Karbohidrat

Jangan terlalu terpesona dengan diet karbo yang akhir-akhir ini viral. Kalian perlu tau kalo karbohidrat tetep dibutuhin tubuh.

Karbo akan menjadi energi bagi tubuh kalian. Kemudian menurut Mayo Clinic, karbohidrat juga bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Kalian bisa dapetin zat ini dari beras, roti, dan buah-buahan tertentu.

3. Lemak

lemak (helpguide.org)

Lemak nggak selamanya buruk kok. Penelitian menunjukkan kalo lemak sehat itu penting bagi tubuh. Lemak bisa bantu tubuh kita menyerap vitamin dan mineral, membangun sel dan otot.

Kita disarankan sebaiknya mendapat asupan lemak sebanyak 20 - 35 persen dari kalori persen setiap harinya. Kalian bisa konsumsi kacang-kacangan, ikan, atau memakai minyak sayur saat memasak. Lemak yang dikenal bermanfaat bagi tubuh misalnya omega-3 dan omega-6.

4. Vitamin



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"