Selain Nyegerin, Inilah 10 Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan

Selain Nyegerin, Inilah 10 Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan

Seperti yang kita tahu sebelumnya, kelapa memiliki manfaat dari akar sampai ke daun. Seluruh buahnya juga bisa dimanfaatkan. Terutama kelapa muda. Kelapa muda diklaim punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Namun, buah yang masih muda berwarna dan berwarna hijau itu seiring berjalannya waktu akan berubah warna menjadi cokelat alias kelapa tua. Warna batok kelapa tua biasanya lebih gelap. Rasa airnya juga tidak semanis kelapa muda. Akan tetapi manfaatnya juga nggak kalah banyak, lho.

Daging buah kelapa tua dapat dimasak atau dijadikan campuran minuman. Semakin tua umur buah kelapa, maka kandungan lemaknya juga semakin tinggi. Dikutip dari data Food and Agriculture Organization (FAO), kandungan air kelapa tua per 100 gram terdiri dari:

- Kalori: 359 kkal.

- Protein: 3,4 g.

- Lemak: 34,7 mg.

- Kalsium: 21 mg.

- Fosfor: 2 mg.

- Besi: 0,0 iu.

- Vitamin A: 0,1 mg.

- Thiamin: 2,0 mg.

- Asam askorbat: 46,9 g.

- Air: 46,9 g.

- Bagian yang dapat dimakan: 53 g.

Inilah 10 Manfaat Air Kelapa Tua (JPNN.com)

Adapun manfaat air kelapa tua dapat disimak melalui penjelasan berikut:

1. Menurunkan kadar gula darah

Menurut publikasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, air kelapa muda mengandung gula (glukosa, sukrosa, dan fruktosa) sebesar 5,1%, sedangkan air kelapa tua hanya sebesar 3%.

Bagi penderita diabetes, mengonsumsi air kelapa tua berpotensi untuk menurunkan kadar gula darah. Air kelapa tua juga mengandung L-arginin dan potassium yang lebih tinggi dari air kelapa muda.

L-arginin merupakan komponen bioaktif utama yang bermanfaat untuk melawan diabetes. Zat tersebut dapat meningkatkan sekresi insulin dan menurunkan hiperglikemia. 

2. Menyeimbangkan suhu tubuh

Manfaat air kelapa tua dapat digunakan untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Menurut buku Diet Sehat Air Kelapa, air kelapa tua mempunyai energi dingin dan panas yang seimbang sehingga dengan ini air kelapa tua dapat menetralisir kelebihan energi panas dan kelebihan energi dingin pada tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat air kelapa tua untuk menurunkan tekanan darah tinggi dibahas dalam The West Indian Medical Journal. Penelitian ini menunjukkan konsumsi air kelapa tua dapat menurunkan tekanan darah tinggi sebesar 71%.

Nggak cuma itu, kandungan air kelapa tua yang tinggi kalium dan rendah natrium juga berperan penting dalam menawarkan manfaat satu ini.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Selanjutnya, manfaat air kelapa tua baik untuk kesehatan jantung. Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat serta melindungi jantung.

Mengonsumsi air kelapa tua juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Air kelapa mengandung sifat anti-platelet dan anti-inflamasi. Artinya, air kelapa mampu membantu mengurangi pembentukan plak dan meningkatkan sirkulasi darah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"