Selain Air Putih, Ini 9 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Selain Air Putih, Ini 9 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga

Hal yang paling dicari pertama kali setelah berolahraga adalah minuman dingin yang menyegarkan. Air dingin dinilai mampu mendinginkan suhu tubuh. Namun, ternyata jenis dan nutrisi yang terkandung dalam minuman dingin juga mempengaruhi manfaat mengonsumsi minuman dingin setelah berolahraga lho, Gengs.

Lalu apa aja sih, jenis minuman selain air putih yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga untuk mengembalikan cairan, elektrolit, dan membantu pemulihan otot selama berolahraga? Yuk, simak bareng!

1. Sport Drink

Sport drink mengandung karbohidrat dari gula dan beberapa jenis elekrolit atau mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang dinilai dapat mengembalikan kondisi tubuh yang kekurangan cairan setelah berolahraga.

Bahkan sport drink dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa lelah sehingga kamu bisa berolahraga dalam waktu yang lebih lama, lho! Namun, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sport drink ini jika kamu hanya melakukan olahraga ringan.

2. Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kaya akan elektrolit ini sangat direkomendasikan untuk diminum setelah berolahraga. Sebab mampu mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang melalui keringat. Bahkan, air kelapa mengandung kalium lima kali lebih banyak dibanding minuman olahraga pada umumnya.

3. Jus Jeruk

9 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga (KlikDokter)

Nggak cuma menyegarkan dahaga, jus jeruk juga bisa gantikan vitamin, mineral, dan gula yang hilang ketika berolahraga.

Kandungan vitamin C dalam jus jeruk yang baik untuk kesehatan juga dinilai sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga untuk menggantikan vitamin dan mineral yang hilang ketika berolahraga. Selain itu, kandungan gula alami yang terdapat dalam jus jeruk dapat menggantikan sebagian gula yang digunakan tubuh selama berolahraga.

4. Jus Semangka

Sekitar 91-92% bobot semangka terdiri dari air. Ya, semangka memang merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air. Dilansir dari klikdokter, satu cangkir jus semangka memiliki 6% nilai harian kebutuhan kalium, magnesium, dan elektrolit lain.

Hal ini menjadikan jus semangka cocok dikonsumsi sebagai pengganti minuman elektrolit pasca berolahraga. Namun sayang, natrium dalam jus semangka ini cukup rendah sehingga untuk menambahkan natrium, kamu bisa memasukkan sedikit garam ke dalam jus semangka milikmu.

5. Jus Ceri

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam jus ceri bisa membantumu dalam pemulihan otot serta menjaga otot dari cedera.

6. Susu Cokelat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"