Sakit Tenggorokan? Coba Obati Pakai Cara Ampuh Ini

Sakit Tenggorokan? Coba Obati Pakai Cara Ampuh Ini

Sakit tenggorokan bisa diobati pakai cara yang mudah. Yuk, ikuti tips berikut ini, gengs.

Siapa yang kerap sakit tenggorokan? Setiap orang paling nggak pernah ngerasain sakit ini satu kali di hidupnya. Rasanya emang menyiksa banget ya. 

Rasanya gatal dan nggak menyenangkan, terutama kalo disertai gejala flu atau virus yang lebih serius. Radang tenggorokan bisa sangat menyengsarakan.

Tapi, tenang aja, ada cara untuk mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Apa saja ya?

1. Kumurlah dengan Air Garam

Selian bisa ngobati sakit gigi, air garam ternyata ampuh mengurangi sakit tenggorokan. Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan yang gatal. 

The Mayo Clinic menyarankan kalian untuk pakai 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam meja dengan 4 hingga 8 ons air hangat. Aduk sampai garam larut.

Kemudian berkumurlah selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi kumur garam beberapa kali setiap hari sampai sakit tenggorokan sembuh.

2. Minum Teh Campur madu

Teh Madu (comvita.com.au)

Teh hangat yang dimaniskan dengan madu bisa bantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Nggak cuma itu aja, teh juga membuat kalian tetap terhidrasi. Minumlah secangkir teh campur madu saat sakit tenggorokan mulai kerasa.

Kalo mau milih tehnya, lebih disaranin pake teh hijau aja. Teh berfungsi sebagai antibakteri, pereda nyeri, sumber antioksidan, serta bantu ngurangin peradangan.

Madu punya manfaat lain ketika kalian sakit. Penelitian menunjukkan bahwa madu adalah penekan batuk yang efektif.

3. Minum Banyak Air Putih

Minum air putih adalah hal penting dalam penyembuhan sakit tenggorokan. Saat kalian ngalamin dehidrasi, tubuh kalian nggak bisa memproduksi air liur dan lendir yang cukup untuk menjaga tenggorokan tetap terhidrasi secara alami. Ini bisa bikin pembengkakan dan peradangan bertambah buruk.

Selain minum air putih cukup, kalian juga bisa coba minum teh hangat atau sup hangat. Yang penting asupan cairan harus cukup. Kemudian, hindari juga minum kafein dan alkohol.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat (msn.com)

Sakit tenggorokan juga bisa menjadi tanda kalian butuh istirahat. Apalagi kalo kerasa demam dan flu juga.

Itulah beberapa cara menyembuhkan sakit tenggorokan. Kalo sakit kalian makin parah, belilah obat di apotek terdekat atau konsultasi ke dokter.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"