Sakit Pinggang Sebelah Kanan, 6 Penyakit Kronis yang Bisa Menjadi Penyebab

Sakit Pinggang Sebelah Kanan, 6 Penyakit Kronis yang Bisa Menjadi Penyebab

Jangan panik dulu gengs, sakit pinggang sebenarnya adalah masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Biasanya lebih banyak terjadi pada wanita. Memang sakit pinggang yang parah bisa sangat mengganggu aktivitas.

Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Gejala sakit pinggang bisa bervarias. Bergantung pada sumber penyebabnya. Rasa sakit yang muncul bisa menyebar hanya sakit pinggang sebelah kanan.

Sakit pinggang sebelah kanan (hendrickwellnesscenter.com)

Tingkat keparahan sakit pinggang bervariasi, mulai dari yang ringan, menengah, hingga parah. Penyebaran rasa sakit bermula dari tulang rusuk lalu menyebar ke paha, bokong dan punggung bagian bawah. Rasa sakit yang berlangsung lebih dari tiga bulan dianggap sebagai sakit pinggang kronis.

Jika sakit pinggang sudah sangat menyiksa segera saja pergi ke dokter. Jelaskan kepada dokter secara mendetail apa yang kamu rasakan dan sakit di sebelah mana. Misalnya sakit pinggang di sebelah kanan.

Berikut ini 6 penyakit kronis yang menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan

1. Radang panggul

Sakit pinggang sebelah kanan pada wanita sering disebabkan oleh penyakit pada sistem reproduksi. Meliputi meliputi ovarium, rahim, dan uretra. Ditandai dengan nyeri pinggang sebelah kanan dan nyeri saat buang air kecil.

2. Usus buntu

Usus buntu masih sering dipertanyakan apa manfaatnya. Organ kecil pada usus ini sering menyebabkan seseorang sakit dan harus operasi ketika radang.

Usus buntu menyebabkan organ ini membengkak dan menimbulkan rasa sakit. Salah satu yang menjadi indikasi adalah sakit pingang sebalah kanan.

Sakit pinggang sebelah kanan karena berbagai penyebab (painhealth.csse.uwa.edu.au)

3. Sakit ginjal

Masalah pada ginjal juga bisa jadi penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Ginjal sebelah kanan mungkin mengakibatkan pinggang kanan sakit, ketika mengalami peradangan, infeksi, atau iritasi.

Masalah ginjal yang biasa terjadi adalah  batu ginjal dan infeksi ginjal.

4. Otot tegang

Otot yang menegang juga bisa bikin sakit pinggang sebelah kanan. Otot tegang ini karena mengangkat beban berat, salah posisi olahraga, atau salah gerak.

Kompres saja dengan es ketika merasakan sakit pinggang sebelah kanan karena otot tegang.

5. Gangguang empedu

Ketika empedu mengalami peradangan atau kram bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Gangguang karena empedu disertai dnegan rasa mual dan muntah ketika makan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"