Proses Pembuatan Vaksin dari Virus, Harapan Agar Pandemi Corona Segera Berakhir

Proses Pembuatan Vaksin dari Virus, Harapan Agar Pandemi Corona Segera Berakhir

Pandemi virus corona atau covid-19 saat ini memang cukup menyengsarakan. Selain memakan banyak korban jiwa, kehidupan sosial ekonomi masyarakat juga terdampak dalam skala tertentu. Tentu kita berharap agar pandemi ini akan segera berakhir.

Setelah melakukan pembatasan sosial untuk memotong rantai penyebaran virus, cara yang  selanjutnya harus ditempuh adalah menemukan vaksin virus untuk pencegahan dikemudian hari. Lantas bagaimana proses penemuan vaksin tersebut gengs. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pemilihan antigen

1. Pemilihan antigen Proses pembuatan vaksin untuk mengakhiri pandemi korona (aitp-li.org)

Yang pertama kali dilakukan oleh peneliti vaksin adalah menemukan antigen dari virus terkait. Fungsi antigen adalah menjadi zar dasar yang dapat merangsang sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Pengujian dan pemilihan antigen harus dilakukan dengan sangat teliti dan berulang-ulang, karena pemilihan antigen adalah proses paling dasar yang harus dilakukan untuk melangkah ke jenjang berikutnya.

2. Isolasi antigen

2. Isolasi antigen Proses pembuatan vaksin untuk mengakhiri pandemi korona (reqnews.com)

Melansir Pepro Tech, ilmuwan dan peneliti akan mengurutkan struktur asam nukleat (DNA atau RNA saja), protein sederhana, sampai reseptor virus. Tujuannya adalah menemukan letak antigen lantas mengisolasinya. Ini bisa dilakukan bersama dengan inang hewan hidup, karena pada dasarnya virus hanya bisa aktif dan berkembang biak jika berada pada inang hidup yang sehat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"