Profesor Ini Ungkap Cara Redakan Stres dengan Menyentuh Kayu

Profesor Ini Ungkap Cara Redakan Stres dengan Menyentuh Kayu

Banyak ilmuwan yang mengatakan jika kayu memiliki dampak positif bagi kesehatan salah satunya adalah kesehatan mental. Sejumlah ilmuwan mengatakan, menaruh atau menyentuhkan tangan di permukaan yang terbuat dari kayu bisa memberi efek menenangkan. Efeknya sama seperti ketika membelai hewan peliharaan.

Menurut Profesor Baroness Kathy Willis dari University of Oxford, mengelus kayu diibaratkan seperti membelai anjing dan kucing.

"Cara ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, dibandingkan dengan membelai marmer atau besi, meskipun temperatur permukaannya sama," ujar Baroness, seperti dikutip dari Female First.

Ilustrasi memegang kayu (via freepik)

Dia melanjutkan, "Jika kamu pernah datang ke toko perangkat rumah dan melihat orang-orang ke bagian dapur, mereka selalu mengelus bangku taman. Secara tidak sadar kita melakukannya untuk mengetahui bagaimana rasanya."

Baroness kembali menjelaskan jika sebagian besar efek rellaksasi itu berasal dari aroma yang dikeluarkan dari kayu. Bahkan aromanya masih bisa tercium di beberapa dekade usai pohon tersebut ditebang.

"Panel kayu di kantor, ruang sekolah, dan rumah mengeluarkan aroma khas ini. Aroma itu bertahan selama bertahun-tahun," tuturnya.

Banyak pula studi yang menunjukkan bahwa 'forest bathing' -jalan-jalan di taman atau hutan- dapat membantu menghilangkan stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"