Peringatan Hari Aids Sedunia: Udah Tahu Makna Pita Merah Tu Maksudnya Apa?

Peringatan Hari Aids Sedunia: Udah Tahu Makna Pita Merah Tu Maksudnya Apa?

Seperti yang kita tahu, Hari Aids Sedunia jatuh pada tanggal 1 Desember, dan hal ini sering banget ditandai dengan pita merah.

Nah... Pita merah ini kerap kali nongol di setiap kali peringatan hari Aids sedunia, dan kalian tahu gak sih maknanya gengs?

Simbol dari AIDS

Simbol dari AIDS Pita Merah (Inibaru.id)


Pasalnya, Pita merah sendiri sudah menjadi simbol kesadaran terhadap AIDS yang diakui secara internasional, digunakan untuk memberikan dukungan pada orang-orang dengan HIV dan mengenang mereka yang meninggal karena penyakti terkait AIDS. 

Bagaimana asalnya penggunaan pita merah tersebut? Pada 1988, sebuah kelompok bernama Visual AIDS didirikan oleh para profesional seni sebagai respons terhadap pengaruh AIDS pada komunitas seni sekaligus cara untuk mengajak para pelaku dan penikmat seni untuk berkontribusi memerangi AIDS. 

Terinspirasi dari pita kuning peringatan tentara America yang gugur dalam peran teluk

Tiga tahun kemudian di 1991, para seniman Visual AIDS bersama-sama merancang simbol visual sebagai wujud belas kasih bagi orang-orang dengan HIV dan orang-orang yang merawat mereka. Pita itu ternyata terinspirasi dari pita kuning untuk menghormati para tentara Amerika yang bertugas dalam perang Teluk. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"