Penyebab Umum Kenapa Rambut Ubanan Sebelum Watunya

Penyebab Umum Kenapa Rambut Ubanan Sebelum Watunya

Tidak ada seorang pun yang mau memiliki rambut putih atau abu-abu di usia 20-an. Sehingga ketika hal ini terjadi, orang cenderung menyembunyikannya dengan pewarna rambut. 

Sayangnya, mereka mengabaikan fakta bahwa rambut putih di usia muda merupakan tanda bahwa ada masalah di dalam tubuh. 90% dari kasus rambut putih ini disebabkan oleh kekurangan vitamin tetapi disertai dengan stres. 

Emang apa saja sih penyebab umum rambut beruban di usia muda? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Penyebab Umum Rambut Beruban di Usia Muda

Contoh rambut ubanan di usia muda (kompas.com)

Sel rambut memiliki sesuatu yang disebut sel pigmen yang juga dikenal sebagai melanin. Ini pada dasarnya bertanggung jawab untuk memberi warna pada rambut, kulit, dan kuku.

Namun seiring berjalannya waktu, sel pigmen tersebut terus berkurang, terutama akibat penuaan. Wajar jika rambut berubah menjadi abu-abu atau putih seiring bertambahnya usia, namun bagi wanita muda, terutama di awal usia 20-an, hal ini bukanlah pertanda baik. Beberapa alasan umum mengapa rambut menjadi putih adalah sebagai berikut:

1. Keturunan

Tentu, susunan genetik memiliki peran besar dalam hal kualitas rambut, terutama seberapa cepat rambutmu akan memutih. Jika kamu melihat rambut putih pada usia dini, kemungkinan besar orang tua atau kakek-nenekmu juga mengalami pemutihan rambut atau rambut beruban atau pada usia yang sangat dini.

2. Stres Parah

Setiap orang menghadapi stres dari waktu ke waktu. Namun terkadang bentuk stres yang parah dapat berdampak buruk pada tubuh. Stres kronis seperti kehilangan orang yang dicintai atau bahkan stres karier dapat menyebabkan depigmentasi folikel rambut. Seiring dengan insomnia, kecemasan, peningkatan tekanan darah, bahkan rambut cenderung memutih dan rapuh.

3. Ketidakseimbangan Hormon



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"