Masih Muda Kok Banyak Uban di Rambut? Begini Tips untuk Menutupinya

Masih Muda Kok Banyak Uban di Rambut? Begini Tips untuk Menutupinya

Masih muda kok sudah beruban? Memang uban tidak cuma tumbuh di rambut orang tua saja. Sebab banyak orang yang hitungannya belum tua tapi sudah beruban. Sebenarnya apa yang membuat uban tumbuh di rambut orang yang masih muda?

Dilansir dari KlikDokter, dalam sebuah penelitan oleh International Journal of Trichology pada tahun 2016 lalu menghasilkan penemuan bahwa kadar serum ferritin, vitamin B12, dan kolestrol HDL pada responden di bawah usia 25 tahun yang beruban cenderung rendah. Kekuerangan vitamin D3 dan vitamin B12 juga bisa jadi penyebab rambut beruban.

Memang selain faktor  medis, penyebab rambut beruban bisa juga dipicu karena faktor genetik atau keturunan. Indian Journal of Dermatology, Venereology, and Leprology pada 2013 silam menjelaskan jika uban muncul lebih cepat karena berkaitan dengan faktor keturunan dari keluarga yang memiliki uban pada rambut  mereka.

Uban di Rambut (Hello Sehat)

Beberapa cara digunakan untuk menutupi uban, ada yang memakai dengan metode tradisional atau dengan alat. Jika tradisional bisa menggunakan buah lemon. Menggunakan lemon mudah dilakukan. Caranya dengan mencampurkan 2 sendo teh jus lemon dan 2 sendok minyak kelapa lalu dipanaskan. Bila sudah mulai hangat, campuran tersebut diambil dan diletakan di seluruh kulit kepala hingga ujung rambut, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Selain lemon, bawang juga bisa dipakai sebagai bahan untuk menghilangkan uban. Caranya dengan menghancurkan bawang merah dan dicampur dengan satu sendok minyak zaitun. Gunakan kain tipis untuk saringan dan ambil cairannya. Oleskan campuran tersebut ke kulit sambil dipijat lembut selama 10 menit. Diamkan selama 30 menit lalu cuci rambut sampai bersih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"