Penyebab Kencing Batu dan Obat-obatnya yang Harus Diketahui

Penyebab Kencing Batu dan Obat-obatnya yang Harus Diketahui

Obat Kencing Batu

Tau nggak sih apa itu kencing batu? Kencing batu adalah pembentukan batu dalam ginjal, kandung kemih, ureter, dan uretra. Batu ini bisa diakibatkan karena garam dan mineral yang menumpuk. 

Kencing batu bisa menimpulkan sakit yang nggak enak banget. Selain itu, kalo dibiarin aja bakal tambah parah.

Pasien kencing batu sendiri bermacam-macam, ada anak-anak dan orang dewasa. Akan tetapi, lebih sering dialami sama orang dewasa.

Kencing batu (tribunnews.com)

Kencing batu penyebabnya macam-macam. Misalnya aja kayak urin dan air kencing yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Bahan kimia itu kayak kalsium, asam urat, sistin, dan lain-lainnya.

Terlalu sedikit minum air putih juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Perlu diperhatikan juga agar nggak terlalu banyak konsumsi protein.

Terus, gimana ya cara mengobati kencing batu dan obat-obatnya yang manjur? 

Dokter biasanya bakal meresepkan obat kencing batu yang sesuai dengan jenis batunya. Makanya, saat merasakan gejala kencing batu, sebaiknya langsung diperiksain ke dokter.

kencing baru (detik.com)

- Batu Kalsium

Potassium citrate atau kalium sitrat punya fungsi buat ningkatin pH dan kadar sitrat di urin. Ini juga membantu membuang air keluar.

- Batu asam urat

Allopurinol berguna buat ngurangin kadar asam urat di urin dan darah, kalium sitrat, serta sodium bikarbonat oral / baking soda.

- Batu struvite

Ini merupakan Antibiotik buat ngelawan bakteri dan asam asetohidroksamat guna menmenghindari infeksi. Beberapa batu struvite kebentuk karena infeksi ginjal. Makanya, obat antibiotik dibutuhkan demi nyembuhin infeksi dan bantu cegah pembentukan batu baru.

- Batu sistein

Jenis batu ini dapat sulit diobati. Dokter mungkin akan nyaranin minum lebih banyak air supaya menghasilkan lebih banyak urin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"