PENTING! Berikut 5 Cara Menjaga Organ Hati Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Berbagai Penyakit

PENTING! Berikut 5 Cara Menjaga Organ Hati Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Berbagai Penyakit

Liver adalah organ terbesar kedua di tubuhmu. Hati  memiliki sekitar 500 pekerjaan penting. Hati berfungsi membuang semua racun, membersihkan obat-obatan dari tubuh dan memetabolisme [memecah] semua makanan.

Organ ini juga berfungsi mengatur kadar kolesterol, membangun protein dan membuat empedu, yang membantumu menyerap lemak, menyimpan gula saat kamu benar-benar membutuhkannya, dan mengatur kadar hormon. Itu semua adalah pekerjaan sehari-hari hati.

Faktanya, seseorang tidak bisa hidup seminggu tanpa hati.

Karena perannya yang sangat amat penting, berikut ini cara menjaga organ hati agar tetap sehat. 

Letak organ hati (lifestyle.bisnis.com)

1. Hati-hati dengan Konsumsi Alkohol

Jika kamu berpikir hanya pemabuk seumur hidup yang akan menderita sirosis hati, kamu salah. Hanya empat ons minuman keras sehari untuk pria (dua ons untuk wanita) dapat merusak hatimu.

2. Cuci Bersih Sayur dan Buah

Pestisida dan racun lainnya dapat merusak hatimu. Untuk mencegah racun pestisida masuk ke tubuhmu, cuci buah dan sayurmu dengan air garam atau air baking soda, atau air cuka apel.

3. Cegah Hepatitis A, B dan C

-Hepatitis A dan B adalah penyakit virus pada hati. Walaupun banyak anak-anak yang telah diimunisasi, banyak orang dewasa yang belum menerima imunisasi. 

-Lakukan hubungan seks yang aman: Hepatitis B dan C dapat berkembang menjadi kondisi kronis yang pada akhirnya dapat merusak hatimu. Mereka ditularkan melalui darah dan cairan tubuh lainnya.

-Cuci tanganmu: Hepatitis A menyebar melalui kontak dengan makanan atau air yang terkontaminasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"