Para Ibu Wajib Waspada, Diabetes saat Hamil Tingkatkan Risiko Masalah Mata Anak

Para Ibu Wajib Waspada, Diabetes saat Hamil Tingkatkan Risiko Masalah Mata Anak

Jangan sepelekan diabetes saat hamil, ya bunda. Sebab, anak-anak yang ibunya menderita diabetes selama kehamilan berada pada peningkatan risiko masalah mata seperti rabun jauh dan astigmatisme, lho. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang diterbitkan pad a jurnal Diabetologia.

Dilansir dari Medicinenet, Kamis (19/8/2021) secara kolektif kondisi ini dikenal sebagai kesalahan refraksi, kondisi di mana mata tidak dapat memfokuskan gambar dengan benar pada retina.

"Karena pada anak kecil dapat diobati, identifikasi dan intervensi dini dapat memiliki dampak positif seumur hidup," tulis para peneliti.

Diabetes saat Hamil Tingkatkan Risiko Masalah Mata Anak (Lifepack.di)

Perlu diketahui, tingkat kesalahan refraksi telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir, menunjukkan bahwa faktor non-genetik mungkin berperan.

Menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lama atau melakukan jenis pekerjaan jarak dekat lainnya, serta kurangnya aktivitas di luar ruangan telah ditunjuk sebagai faktor risiko non-genetik utama untuk perkembangan kesalahan refraksi rendah dan sedang pada anak usia sekolah. Namun penyebab kesalahan refraksi yang parah (tinggi) masih tidak jelas.

Lebih lanjut, studi sebelumnya telah menemukan bahwa orang dengan kelainan refraksi parah mungkin memiliki cacat mata bawaan sebelum lahir.

Gula darah tinggi selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah janin yang dapat merusak retina dan saraf optik. Kondisi ini juga dapat menyebabkan perubahan bentuk mata yang dapat menyebabkan kesalahan refraksi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"