Nggak Nyangka Banget! Ternyata Ini 9 Manfaat Ikan Bawal untuk Kesehatan

Nggak Nyangka Banget! Ternyata Ini 9 Manfaat Ikan Bawal untuk Kesehatan

Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dagingnya yang lembut dan rasanya yang lezat menjadikan ikan ini jadi salah satu hidangan laut favorit. Nggak cuma enak, ternyata terdapat sejumlah manfaat ikan bawal untuk kesehatan yang nggak boleh diremehkan, lho!

Kandungan Nutrisi Ikan Bawal

Dikutip dari situs Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, di dalam 100 gram daging ikan bawal, terdapat berbagai macam kandungan nutrisi berikut ini:

- Kalori: 164

- Protein total: 18 gram

- Asam lemak omega-3: 0,76 gram

- Kolesterol: 50 miligram.

Bukan cuma itu, ikan bawal juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan dan bebas karbohidrat. Berdasarkan kandungannya, ada 9 manfaat ikan bawal untuk kesehatan tubuh. Mulai dari mencegah stroke, mendukung perkembangan otak anak, meredakan gejala anemia, hingga menyehatkan mata. Berikut adalah berbagai manfaat ikan bawal. Simak, ya!

1. Membantu mencegah stroke

Salah satu potensi manfaat ikan bawal untuk kesehatan adalah mencegah atau menurunkan risiko penyakit stroke. Pasalnya, ikan ini mengandung asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 di dalam ikan bawal dipercaya bisa menurunkan risiko stroke sebanyak 21 persen dan menurunkan tingkat keparahannya hingga 50 persen. Ditambah lagi, asam lemak ini juga dianggap mampu meningkatkan fungsi sel otak dan mengurangi peradangan pada saraf.

2. Membantu meredakan anemia

Manfaat Ikan Bawal, Membantu Meredakan Anemia (KlikDokter)

Anemia merupakan kondisi medis yang terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh. Ikan bawal mengandung zat besi yang bisa merangsang tubuh untuk membentuk sel darah merah sehingga konsumsi ikan ini dinilai membantu meredakan anemia.

Meski demikian, sebaiknya kamu jangan menganggap ikan bawal sebagai pengobatan utama anemia. Sebab, obat-obatan tentunya lebih efektif dalam mengatasi masalah ini.

3. Mendukung pertumbuhan tubuh anak

Sebagian orang tua mungkin memberikan berbagai macam suplemen kepada anak untuk merangsang pertumbuhannya. Padahal sebenarnya, pertumbuhan tubuh anak juga dapat dirangsang dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Salah satu hidangan sehat yang bisa mendukung pertumbuhan tubuh anak adalah ikan bawal. Kandungan vitamin D yang dimiliki daging ikan bawal juga dipercaya dapat mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan anak.

4. Mendukung pertumbuhan otak anak

Saat masih bayi, perkembangan otak anak perlu dirangsang supaya optimal. Salah satu cara untuk mendukung perkembangannya adalah memberikan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 DHA (docosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid).

Sejumlah ahli menyatakan bahwa kedua jenis asam lemak omega-3 tersebut dapat memberikan dampak baik pada neurokognitif anak-anak. Ikan bawal dipercaya memiliki kandungan kedua nutrisi tersebut. Maka dari itu, cobalah perkenalkan anak dengan daging ikan bawal sejak dini.

5. Baik untuk kesehatan mata

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"